PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS X MAN 1 SIDOARJO

  • ERA SUCIWATI
  • MUCHLIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai melatihkan kemampuan pemecahan masalahsiswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi reaksi redoks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest posttest design padakelas X MIA 1 MAN 1 Sidoarjo dengan jumlah siswa 34, penelitian dilakukan selama dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang dihunkan yaitu metode observasi dan tes. Hasil penelitian ditunjukkan sebagai berikut: (1) keterlaksanaanpada2pertemuanmemperoleh rata-rata tiap pertemuan sebesar 3,49 padapertemuan I dan sebesar 3,72 pada pertemuan II. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dari sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pada pretest sebesar 38,12% dan posttest sebesar 79,38%.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan pemecahan masalah, Reaksi redoks.

This study aims to describe the ability to solve student problem solving using Problem Based Learning (PBL) model on redox material. The method used in this research is one group pretest posttest design in class X MIA 1 MAN 1 Sidoarjo with the number of learners 34, research conducted during two meetings. Methods of collecting data that is used is the method of observation and test. The results of the study were shown as follows: (1) the implementation of the two meetings obtained an average of 3.49 meetings at the first meeting and 3.72 at the second meeting. (2) Problem solving ability of student experience improvement from before and after applying model Problem Based Learning (PBL) at pretest equal to 38,12 and posttest equal to 79,38.

Keywords:Problem Based Learning (PBL), Problem solving ability, Redox reaction.

Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 73