Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep pada Materi Kesetimbangan Kimia

  • SAVIRA NUR ALIZA AGUSTINA Universitas Negeri Surabaya
  • RUDIANA AGUSTINI Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis guided inquiry guna meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kimia. Kelayakan LKPD ini dinilai berdasarkan aspek validitas kepraktisan dan keefektifan. Rancangan penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan model pengembangan perangkat 4D (Define, Design, Develope, Diseminate). Namun pada penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap pengembangan. Ujicoba terbatas dilakukan kepada 12 peserta didik XI IPA 5 SMAN 11 Surabaya. Media LKPD dinyatakan valid dengan perolehan persentase validitas secara keseluruhan mendapatkan persentase 85,76% dengan kategori sangat layak. Peserta didik memberikan respon positif dengan persentase sebesar 74,11%. Keterampilan proses sains peserta didik meningkat dengan rata-rata gain score sebesar 0,9 dengan kategori tinggi. Profil konsepsi peserta didik mengalami peningkatan persentase status tahu konsep (TK) peserta didik meningkat sebanyak 52,5% dari hasil pretest. Status tidak tahu konsep (TTK) mengalami penurunan sebesar 14,1%, dan status miskonsepsi mengalami penurunan sebesar 38,3% dari hasil pretest.

Kata Kunci: LKPD, guided inquiry, keterampilan proses sains, penguasaan konsep, kesetimbangan kimia.

Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 134