Permainan Hydrocarbon Adventures sebagai Media Pembelajaran Senyawa Hidrokarbon
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan Hydrocarbon Adventures yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Senyawa Hidrokarbon berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop tepatnya pada uji coba pada skala kelompok kecil. Permainan diuji cobakan terhadap 20 siswa kelas XI MIA di SMAN Jogoroto Jombang. Validitas permainan diperoleh dari hasil validasi, kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa didukung hasil observasi aktivitas siswa, dan keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas permainan yang diperoleh mendapatkan persentase validitas sebesar 80-100% dengan nilai lebih dari atau sama dengan 3 pada setiap aspek yang dinilai. Kepraktisan permainan mendapatkan interpretasi skor respon siswa sebesar 85-100% dan observasi aktivitas siswa mendapatkan persentase sebesar 75-100% pada setiap aspek yang dinilai. Keefektifan permainan diperoleh dari ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil terdebut, dapat disimpulkan bahwa permainan Hydrocarbon Adventures layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Senyawa Hidrokarbon kelas XI SMA.
Kata kunci: permainan Hydrocarbon Adventures, media pembelajaran, Senyawa Hidrokarbon