PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 4 SIDOARJO

  • PUTRI NOVITASARI Universitas Negeri Surabaya
  • MUCHLIS MUCHLIS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas siswa, keterampilan berpikir analisis siswa pada materi kesetimbangan kimia dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas keterlaksanaan model pembelejaran inkuiri terbimbing pada dua kali pertemuan dari fase 1 hingga fase 5 pada pertemuan I beruturut-turut sebesar 3,6; 3,5; 3,6; 3,8; 3,9 dan pada pertemuan II beruturut-turut sebesar 3,8; 4; 3,9; 3,8; 3,9 atau berada pada kriteria sangat baik. 2) Presentase waktu aktivitas siswa pada dua kali pertemuan untuk aktivitas menganalisis pada pertemuan I dan II berturut-turut sebesar 61,48% dan 38,5%. 3) Keterampilan analisis siswa secara keseluruhan memiliki persentase sebesar 94% memperoleh nilai tuntas dengan persentase N-gain pada kriteria tinggi dan rendah berturut-turut sebesar 94% dan 6%. 4) Respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase respon positif sebesar 96,96%.

Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Analisis, Kesetimbangan Kimia






Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 300
PDF Downloads: 263