Validitas KIT Praktikum Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X pada Materi Metode Ilmiah, Senyawa Kovalen Polar dan Non Polar, serta Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

  • RANI KURNIA NINGSIH Universitas Negeri Surabaya
  • RUSLY HIDAYAH Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh KIT praktikum kimia sebagai media pembelajaran yang valid untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi metode ilmiah, senyawa kovalen polar dan non polar, serta larutan elektrolit dan non elektrolit. Validitas yang dimaksud mencakup validitas isi dan validitas konstruk dari KIT praktikum, LKS, serta buku panduan KIT praktikum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model 4-P dengan tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, namun hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 84,44%, validitas isi LKS memperoleh persentase sebesar 79,60%, validitas isi buku panduan KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 83,33%, validitas konstruk KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 90,98%, validitas konstruk LKS memperoleh persentase sebesar 84,17% dan validitas konstruk buku panduan KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 91,67%. Berdasarkan data tersebut, maka telah diperoleh KIT praktikum yang valid.

Kata kunci: KIT praktikum, keterampilan proses sains, validitas




Published
2020-01-31
How to Cite
KURNIA NINGSIH, R., & HIDAYAH, R. (2020). Validitas KIT Praktikum Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X pada Materi Metode Ilmiah, Senyawa Kovalen Polar dan Non Polar, serta Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. UNESA Journal of Chemical Education, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p1-8
Section
Articles
Abstract View: 520
PDF Download: 531