Validitas KIT Praktikum Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X pada Materi Metode Ilmiah, Senyawa Kovalen Polar dan Non Polar, serta Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p1-8Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh KIT praktikum kimia sebagai media pembelajaran yang valid untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi metode ilmiah, senyawa kovalen polar dan non polar, serta larutan elektrolit dan non elektrolit. Validitas yang dimaksud mencakup validitas isi dan validitas konstruk dari KIT praktikum, LKS, serta buku panduan KIT praktikum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model 4-P dengan tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, namun hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 84,44%, validitas isi LKS memperoleh persentase sebesar 79,60%, validitas isi buku panduan KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 83,33%, validitas konstruk KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 90,98%, validitas konstruk LKS memperoleh persentase sebesar 84,17% dan validitas konstruk buku panduan KIT praktikum memperoleh persentase sebesar 91,67%. Berdasarkan data tersebut, maka telah diperoleh KIT praktikum yang valid.
Kata kunci: KIT praktikum, keterampilan proses sains, validitas
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

