VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PADA SUB MATERI KIMIA UNSUR ALUMINIUM
Abstract
Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui validitas media pembelajaran berbasis laboratorium virtual. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian model 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran) namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan. Hasil validitas yang didapatkan selama penelitian berlangsung adalah sebagai berikut: 1) Validitas isi dari laboratorium virtual memperoleh persentase skor penilaian sebesar 81,25% atau dalam kategori sangat valid dan 2) Validitas konstruk dari laboratorium virtual memperoleh persentase skor penilaian sebesar 85,11% atau dalam kategori sangat valid. Dari hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual yang dikembangkan dinyatakan valid digunakan sebagai media pembelajaran pada sub materi kimia unsur aluminium.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Laboratorium Virtual, Validitas, Aluminium
PDF Downloads: 1571