PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI KOLOID SMA

  • VIVIN ANTIKA SARI Universitas Negeri Surabaya
  • RUDIANA AGUSTINI Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKPD berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning agar keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi koloid meningkat. Data penelitian bersumber dari dosen ahli dan guru kimia berupa penilaian LKPD, serta 15 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wates berupa respon siswa dan aktivitas siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4-D yang hanya dibatasi pada tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan valid ditinjau dari validitas isi yang menunjukkan hasil sebesar 77,60% serta validitas konstruk sebesar 79,29%. Kepraktisan ditinjau dari respon siswa yaitu kriteria isi sebesar 91,75%, kriteria bahasa 93,50%, kriteria penyajian 97,83%, kriteria kegrafikan sebesar 90%, kriteria pendekatan CTL sebesar 92%, kriteria keterampilan memecahkan masalah sebesar 85,67% yang didukung hasil observasi aktivitas peserta didik yang relevan selama tahap uji coba LKPD di setiap pertemuan memperoleh interpretasi sangat baik. Keefektifan ditinjau berdasarkan peningkatan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah melalui skor gain 40% dengan kriteria sedang dan 60% dengan kriteria tinggi.

Kata kunci: LKPD, pendekatan CTL, keterampilan memecahkan masalah






Published
2020-02-03
Section
Articles
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 172