VALIDITAS VIRTUAL LAB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KIMIA UNSUR SUB MATERI HIDROGEN
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p115-120Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran virtual lab pada materi kimia unsur sub materi hidrogen yang ditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk oleh para ahli. Penelitian pengembangan Virtual Lab ini menggunakan model Research and Development (R & D). Subyek dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Krian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Virtual Lab yang dikembangkan dinyatakan valid yang ditinjau dari validitas isi memperoleh persentase sebesar 91,11%-96,67% dengan kategori sangat valid serta validitas konstruk memperoleh persentase sebesar 90,00%-96,51% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa virtual lab sebagai media pembelajaran pada materi kimia unsur sub materi hidrogen dapat dinyatakan layak berdasarkan validitasnya.
Kata kunci: Validitas, Virtual lab, kimia unsur, hidrogen
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.
Abstract views: 513
,
PDF Downloads: 644









