Peningkatan Keterampilan Interpretasi dan Inferensi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kelas XI Materi Kesetimbangan Kimia

  • ZELIKA FARAH RAMADHANTI Universitas Negeri Surabaya
  • DIAN NOVITA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dalam keterampilan interpretasi dan inferensi, peningkatan keterampilan interpretasi dan inferensi, dan respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI MIA. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yaitu metode One Group Pretest Posttest Design untuk mengetahui peningkatan keterampilan interpretasi dan inferensi dengan sampel yaitu sebanyak 36 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 8 Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut: (1) keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran dengan inkuiri terbimbing mendapatkan hasil rata-rata persentase 94,06% pada pertemuan 1, 96,44% pada pertemuan 2, dan 98,81% pada pertemuan 3 dengan kategori yang sangat baik. (2) Hasil aktivitas siswa dalam keterampilan interpretasi dan inferensi selama 3 pertemuan telah memperoleh persentase lebih tinggi jika dibandingkan dengan aktivitas yang tidak relevan. (3) Peningkatan keterampilan interpretasi dan inferensi mendapatkan hasil N-Gain yang sama yaitu sebanyak 16,7% siswa telah mendapatkan hasil N-Gain dengan kriteria sedang dan 83,3% siswa memperoleh hasil N-Gain dengan kriteria tinggi. (4) Respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan interpretasi dan inferensi sangat baik dengan persentase respon positif sebesar 97,2% pada keterampilan interpretasi dan 100% pada keterampilan inferensi.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, interpretasi, inferensi, kesetimbangan kimia.

Abstract

This research aims to know the improvement of interpretation and inference by applying guided inquiry learning models in class XI MIA. This research use One Group Pretest Posttest Design to know the improvement of interpretation and inference with research sample of 36 students of class XI MIA 7 SMA Negeri 8 Surabaya. This research data analyzed by descriptive quantitative method. Research shows results: (1) the implementation of guided inquiry learning model obtained the quality of alignment of the average order is 94,06% in the first meet, 96,44% in the second meet, and 98,81% that include in very good category. (2) The results of students’ activities in interpretation and inference skills for 3meetings have obtained a higher persentage than irrelevant activities (3) Student’s interpretation and inference skills incrases based on the results of N-Gain, 16,7% of students get N-Gain with medium criteria and 83.3% of students get N-Gain with high criteria. (4) Student’s responses for implementation of guided inquiry to incrase the interpretation and inference skills very good with a positive response percentage of 97.2% in interpretation skills and 100% in inference skills.

Key words: guided inquiry, interpretation, inference, chemical equilibrium


Published
2020-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 176