KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MAN 2 GRESIK PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN (SCIENCE PROCESS SKILLS OF THE STUDENTS OF CLASS XI MAN 2 GRESIK ON MATERIAL REACTION RATE THROUGH THE INQUIRY LEARN

  • Imade Octaviani Nurkhasanah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen pada pada siswa kelas XI MAN 2 Gresik dengan materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar ranah kognitif dan lembar tes hasil belajar ranah keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut: 1) Hasil belajar ranah kognitif telah mencapai skor minimal yang ditentukan yaitu ³75. Skor rata-rata yang diperoleh siswa pada indikator 3.7.1 adalah 80 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 81%. Pada indikator 3.7.2 dan indikator 3.7.3 skor yang diperoleh adalah 96,5 dan 99,25 dengan ketuntasan klasikal 100%. Pada indikator 3.7.4 skor yang diperoleh adalah 76,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 87%. 2) Hasil belajar keterampilan proses sains siswa telah mencapai skor yang ditentukan yaitu ³75. Keterampilan proses sains telah dilatihkan dengan baik, skor rata-rata yang diperoleh siswa pada setiap indikator adalah 71,5; 73,25; 77,75 dan 82,5. Adapun persentase ketuntasan klasikal pada setiap indikator adalah 72,62%, 75%, 77,17%dan 90,22%.

Kata kunci: inkuiri, eksperimen, keterampilan proses sains, laju reaksi

 

Abstract

The aim of this research is to train student's science process skills through the implementation of inquiry learning model with experimental method in class XI MIPA 2 MAN 2 Gresik with material reaction rate. This research used quantitative type with One Group Pretest Posttest Design. Instrumens used in this research was test sheets of cognitive learning achievment  and test sheets of science process skills. These research were conducted three meetings. The result of this research showed data: 1) the result of the cognitive learning has reached a specified minimum score of ³ 75. Average Score obtained by students on the indicator 3.7.1 is 80 with classical reached 81%. Indicators 3.7.2  Indicators 3.7.3 score obtained is 96,5 and 99,25 with classical percentage 100%. and on indicator 3.7.4 score obtained is 3,06 with 87% of classical percentage. 2) results of the learning process of science skills students have reached the specified score ³ 75. Science process skills have been trained properly, the average score obtained by students at each indicator is 71,5; 73,25;77,75 and 82,5. The percentage of classical at each indicator are 72,62%, 75%, 77,17% and 90,22%.

Keywords: inquiry, experimental, science process skills, reaction rates

Published
2017-02-14
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 72