PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

  • Winartiasih Winartiasih
  • Dian Novita, S.T., M.Pd. Universitas Negeri Surabaya
  • Bahrul Ulum
Keywords: project based learning, teaching at the righ level, kolaborasi, komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas X pada materi hukum dasar kimia dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan strategi teaching at the right level. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah peserta didik 35 orang yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama merupakan siklus sebelum adanya suatu perlakuan atau tindakan dengan langkah observasi, tindakan, analisis dan refleksi. Siklus kedua menggunakan langkah yang ada pada model project based learning sebagai rencana tindak lanjut dari refleksi yang telah dilakukan pada siklus pertama. Dari analisis terhadap keterampilan peserta didik siklus pertama dan siklus kedua diperoleh kemajuan yang signifikan. Sebelumnya kompetensi keterampilan kolaborasi peserta didik hanya 47% (kategori kurang), kemudian meningkat menjadi 87%(kategori baik). Sedangkan keterampilan komunikasi berawal dari 58% (kategori kurang) pada siklus I naik menjadi 81% (kategori baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning dengan strategi teaching at the right level dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas X pada materi hukum dasar kimia.

References

[1] Redhana, I.W. 2019. Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
[2] Mahanal, S. 2009. Pengaruh Perangkat Pembelajaran Deteksi Kualitas Sungai Dengan Indikator Biologi Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Di Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana (S3) Universitas Negeri Malang
[3] Griffin, P., McGaw, B. and Care, E. (eds). 2012. Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht, NL, Springer
[4] Yani, Ahmad dan Mamat Ruhimat. 2018. Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.
[5] Farkhati, A., & Sumarti, S. S. 2019. Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-LKPD Terintegrasi Chemoentrepreneurship untuk Menganalisis Soft skill Siswa. Chemistry in Education, 8(2), 24- 8.
[6] Rahayu, S., & Anna, Y. D. 2013. Soft skills attribute analysis in accounting degree for banking. International Journal of Business, Economics and Law, 2(1), 115-120.
[7] Patacsil, F.F. dan Tablatin, C.L.S. 2017. Exploring the Importance of Soft and Hard Skills as Perceived by IT Internship Students and Industry: A Gap Analysis. JOTSE: Journal of Technology and Science Education Vol 7, No 3, Hal 347-368.
[8] Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, Pp. 1-17).
[9] Lunenburg, F.C. 2010. Communication:
The Process, Barriers, and Improving Effectiveness. Schooling,
Vol 1, No 10, Hal 1-11.
[10] P21. 2007a. The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills.
[11] Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
[12] Liu dan Hsiao. 2002. Middle School Students as Multimedia Designers: A Project-based Learning Approach. Journal of Interactive Learning Research, Vol 13, No 4, Hal 311–37.
[13] Saenab, S., Yunus, S. R., & Virninda, A. N. 2017. PjBL untuk pengembangan keterampilan mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran PjBL dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 45–50
[14] Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana.
[15] Saeful, K. S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dan Komunikasi Siswa Kelas VII Melalui Model Pembelajaran ooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal Pakar guru, 2(2), 189-195.
[16] Huang, D., Seth, L., Cheri, H., Debora, L.T., Nora, O., & Gwendelyn, R. 2010. Preparing Students for The 21st Century: Exploring The Effect of Afterschool Participation on Students’ Collaboration Skills, Oral Communication skills, and Self-Efficacy. Cress Report (CR) of The National Center for Research on Evaluation, Standards, and Student Testing. University of California: Los Angeles, CR 777
Published
2023-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 54