PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS PADA MATERI ASAM-BASA MENGGUNAKAN RASCH MODEL

Authors

  • Inovayani Saragih Program Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan
  • Santri Angelia Damanik Program Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan
  • Ayi Darmana Program Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan
  • Retno Dwi Suyanti Program Magister Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v12n3.p217-224

Keywords:

instrument, HOTS, model Rasch

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk memperoleh instrumen tes formatif pada materi asam basa. Pengembangan instrumen mengadaptasi 10 langkah pengembangan instrumen dengan menggunakan model Rasch yaitu: mendefinisikan konstruk, identifikasi level dari konstruk, penggambaran konstruk menjadi item, uji coba dengan sampel representative, menerapkan model Rasch yang sesuai, meninjau item, meninjau Peta Wright, mengulangi langkah 4−7, menetapkan validitas dan reliabilitas, menyusun dokumentasi alat ukur, yang dikombinasikan dengan 6 langkah pengembangan instrumen soal berbasis HOTS yaitu: analisis kompetensi dasar, membuat kisi-kisi, membuat stimulus, menyusun soal, membuat rubrik penilaian dan menganalisis tes. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 10 butir soal pilihan berganda yang valid sesuai dengan kriteria MNSQ, ZSTD dan Pt. Mean Corr yang memenuhi syarat dan reliabel nilai dengan reliabilitas item adalah 0,86 sehingga digunakan sebagai instrumen tes formatif pada materi asam basa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anuuru, T.A., Johan, R.C., Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, Vol 3 No. 2.

Aprilia, N., Susilaningsih, E., Priatmoko, S., Kasmui. (2020). Desain Instrumen Tes Pemahaman Konsep Berbasis HOTS Dengan Analisis Model Rasch. Chemistry in Education, 9 (2).

Arikunto, S. (2018) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Asriadi, M., Hadi, S. (2021). Analysis of the Quality of the Formative Test Items for Physics Learning Using the Rasch Model in the 21st Century Learning. Journal Of Physics Education, 6 No. 2, 158-166.

Boone, J.W., Scantlebury, K. (2005). The Role of Rasch Analysis When Conducting Science Education Research Utilizing Multiple-Choice Tests. DOI 10.1002/sce.20106.

Darmana, A., Sutiani, A., Nasution, H. A., Ismanisa, Nurhaswinda. (2021) Analysis of Rasch Model for the Validation of Chemistry National Exam Instruments. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3):329-345.

Fajri, N.M.A., Yusmaita, E. (2021). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik di SMAN 1 Batam pada Topik Hukum-Hukum Dasar Kimia dengan Model Rasch. Jurnal Eksakta Pendidikan,5 (1).

Harmurni, L. (2019). Instrumen Penilaian dan Validasinya. Uwais Inspirasi Indonesia. Ponorogo.

Planinic, M., Boone, W.J., Susac, A., Ivanjek, L. (2019) Rasch analysis in physics education research: Why measurement matters. Physical Review Physics Education Research 15, 020111.

Purniasari, L., Masykuri, M., Ariani, S.R., (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia Sma N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman Dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 10 No. 2.

Putri, E.S., Rinaningsih. (2021). Diagnostic Test as Formative Test In Chemical Learning. UNESA Journal of Chemical Education, Vol.10, No. 1, pp. 20-27.

Sabekti, A.W., Khoirunissa, F. (2018) Penggunaan Rasch Model Untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berikir Kritis Peserta didik Pada Topik Ikatan Kimia. Jurnal Zarah, Vol. 6 No. 2.

Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Penerbit Tira Smart. Tangerang.

Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Sumintono, B., Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Penerbit Tim Komunikata, Cimahi.

Tarigan, E.F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., Suyanti, R.D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16 (2).

Yusuf, M.A. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Penerbit Kencana. Jakarta.

Downloads

Published

2023-09-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 114 , PDF Downloads: 122