PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN RASCH MODEL

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN RASCH MODEL

  • Inovayani Saragih Mahasiswa Program Magister
  • Santri Angelia Damanik
  • Ayi Darmana
  • Retno Dwi Suyanti
Keywords: instruments, HOTS, Rasch model.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk memperoleh instrumen tes formatif pada materi asam basa. Pengembangan instrumen mengadaptasi 10 langkah pengembangan instrumen dengan menggunakan model Rasch yang dikombinasikan dengan 6 langkah pengembangan instrumen soal berbasis HOTS. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 10 butir soal pilihan berganda yang valid dan reliabel digunakan sebagai instrumen tes formatif pada materi asam basa.

 Abstract

This research is research and development which aims to obtain formative test instruments on acid and base materials. Instrument development adapts the 10 steps of instrument development using the Rasch model combined with the 6 steps of HOTS-based question instrument development. The results of the study obtained 10 valid and reliable multiple choice questions used as formative test instruments on acid and base material.

References

[1] Anuuru, T.A., Johan, R.C., Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, Vol 3 No. 2.

[2] Aprilia, N., Susilaningsih, E., Priatmoko, S., Kasmui. (2020). Desain Instrumen Tes Pemahaman Konsep Berbasis HOTS Dengan Analisis Model Rasch. Chemistry in Education, 9 (2).

[3] Arikunto, S. (2018) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

[4] Asriadi, M., Hadi, S. (2021). Analysis of the Quality of the Formative Test Items for Physics Learning Using the Rasch Model in the 21st Century Learning. Journal Of Physics Education, 6 No. 2, 158-166.

[5] Boone, J.W., Scantlebury, K. (2005). The Role of Rasch Analysis When Conducting Science Education Research Utilizing Multiple-Choice Tests. DOI 10.1002/sce.20106.

[6] Darmana, A., Sutiani, A., Nasution, H. A., Ismanisa, Nurhaswinda. (2021) Analysis of Rasch Model for the Validation of Chemistry National Exam Instruments. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3):329-345.

[7] Fajri, N.M.A., Yusmaita, E. (2021). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik di SMAN 1 Batam pada Topik Hukum-Hukum Dasar Kimia dengan Model Rasch. Jurnal Eksakta Pendidikan,5 (1).
[8] Harmurni, L. (2019). Instrumen Penilaian dan Validasinya. Uwais Inspirasi Indonesia. Ponorogo.

[9] Planinic, M., Boone, W.J., Susac, A., Ivanjek, L. (2019) Rasch analysis in physics education research: Why measurement matters. Physical Review Physics Education Research 15, 020111.

[10] Purniasari, L., Masykuri, M., Ariani, S.R., (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia Sma N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman Dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 10 No. 2.

[11] Putri, E.S., Rinaningsih. (2021). Diagnostic Test As Formative Test In Chemical Learning. UNESA Journal of Chemical Education, Vol.10, No. 1, pp. 20-27.

[12] Sabekti, A.W., Khoirunissa, F. (2018) Penggunaan Rasch Model Untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berikir Kritis Siswa Pada Topik Ikatan Kimia. Jurnal Zarah, Vol. 6 No. 2.

[13] Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Penerbit Tira Smart. Tangerang.

[14] Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

[15] Sumintono, B., Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Penerbit Tim Komunikata, Cimahi.

[16] Tarigan, E.F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., Suyanti, R.D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16 (2).

[17] Yusuf, M.A. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Penerbit Kencana. Jakarta
Published
2023-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 55