VALIDITAS WORKSHEET DIPERKAYA DENGAN WORDWALL QUIZ UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON

  • Azza Nuriah Widowati Universitas Negeri Surabaya
  • Bertha Yonata Universitas Negeri Surabaya
Keywords: worksheet, Wordwall, keterampilan berpikir kritis, konfigurasi elektron

Abstract

Abstrak

Validitas worksheet diperkaya denagn Wordwall quiz bertujuan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis pada materi konfigurasi elektron yang valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) yang dibatasi hanya sampai uji coba terhadap 16 peserta didik kelas X SMAN 1 Puri tanpa melalui tahap penyebarluasan (disseminate). Worksheet ini di validasi oleh dua orang dosen kimia Universitas Negeri Surabaya dan tiga orang guru kimia. Validitas dari worksheet untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi konvigurasi elektron ditinjau dari kriteria isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan worksheet 1 dan 2 yang ditinjau dari kriteria isi memiliki validitas butir sebesar ≥0,9 yang menunjukkan validitas tinggi, sedangkan untuk kriteria penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan memiliki nilai median 4 yang semua termasuk dalam kategori sangat valid.  Hasil validasi menunjukan bahwa worksheet dinyatakan valid dan dapat digunakan di peroses pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi konfidurasi elektron.

References

1. Hairida, dan Hadi, Lukman. 2017. “Improving Student’s Critical Thinking Skills Through Sets Vision Learning”. Unnes Science Education Journal. Vol. 6 (2): hal. 1571–1576.

2. Wijayanti, Mayang Tri, dan Lutfi, Achmad. 2021. “Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik.” Journal of Science Education. Vol. 5 (3): hal. 269–276.

3. Ennis, R. H. 1996. Critical thinking. Uper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

4. Facione, P. A. 1990. Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Santa Clara University.

5. Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi: Jakarta.

6. Shelawaty, Ananda Riski., Hadiarti, Dini., dan Fadhilah, Raudhatul. 2016. Pengembangan Media Flash Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X Negeri 1 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. Vol. 4 (2): hal. 11-22.

7. Aryani, D., Patiro, S. P. S., dan Putra, S. D. 2021. “Pelatihan Aplikasi Game Edukasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Di Era Pandemi Covid 19”. Jurnal Terang. Vol. 4 (1): hal. 116–124.

8. Rahayuningsi, Dwi Indah, dan Subroto, Waspodo Tjipto. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol. 4 (2): hal. 1–8.

9. Lestari, Anisha Ayu dan Supriyanto. 2021. Pengaruh Blended Learning dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Siswa di SMA Negeri Olahraga Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol. 9 (3): hal. 566-577.

10. Sari, Prima Mutia, dan Yarza, Husnin Nahry. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol 4 (2): hal. 195–199.

11. Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., dan Afriliani, F. 2022. “Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 3 (1): hal. 70–77.

12. Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

13. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 70