VALIDITAS WORKSHEET DIPERKAYA DENGAN WORDWALL QUIZ UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON

Authors

  • Azza Nuriah Widowati Universitas Negeri Surabaya
  • Bertha Yonata Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v12n3.p179-188

Keywords:

worksheet, Wordwall, keterampilan berpikir kritis, konfigurasi elektron

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas worksheet diperkaya dengan Wordwall quiz untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi konfigurasi elektron. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) yang dibatasi hanya sampai uji coba terhadap 16 peserta didik kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto tanpa melalui tahap penyebaran (disseminate). Worksheet ini di validasi oleh dua orang dosen kimia Universitas Negeri Surabaya dan tiga orang pendidik kimia. Validitas dari worksheet untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi konvigurasi elektron ditinjau dari validitas isi, dan validitas konstruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan worksheet 1 dan 2 yang ditinjau dari kriteria isi memiliki validitas butir sebesar ≥0,9 yang menunjukkan validitas tinggi, sedangkan untuk validitas konstruk memiliki nilai median 4 yang semua termasuk dalam kategori sangat valid.  Hasil validasi menunjukan bahwa worksheet dinyatakan valid dan dapat digunakan di proses pembelajaran guna melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi konfigurasi elektron.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hairida, dan Hadi, Lukman. 2017. Improving Student’s Critical Thinking Skills Through Sets Vision Learning. Unnes Science Education Journal. Vol 6, No 2, pp. 1571–1576.

Wijayanti, Mayang Tri, dan Lutfi, Achmad. 2021. Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. Journal of Science Education. Vol 5, No 3, pp. 269–276.

Ennis, R. H. 1996. Critical thinking. Uper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Facione, P. A. 1990. Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Santa: Clara University.

Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Shelawaty, Ananda Riski., Hadiarti, Dini., dan Fadhilah, Raudhatul. 2016. Pengembangan Media Flash Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X Negeri 1 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. Vol 4, No 2, pp. 11‒22.

Aryani, D., Patiro, S. P. S., dan Putra, S. D. 2021. Pelatihan Aplikasi Game Edukasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Terang. Vol 4, No 1, pp. 116–124.

Rahayuningsi, Dwi Indah, dan Subroto, Waspodo Tjipto. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol 4, No 2, pp. 1–8.

Lestari, Anisha Ayu dan Supriyanto. 2021. Pengaruh Blended Learning dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Siswa di SMA Negeri Olahraga Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol 9, No 3, pp. 566-577.

Sari, Prima Mutia, dan Yarza, Husnin Nahry. 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol 4, No 2, pp. 195–199.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., dan Afriliani, F. 2022. Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 3, No 1, pp. 70–77.

Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa & Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement. Vol 45, No 1, pp. 131–142.

Mukmainah, Siti Atik., dan Yonata, Bertha. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 1 Rengel. Journal of Chemistry Education. Vol 9, No 1, pp. 133-139.

Dewi, Rusdiana., dan Azizah, Utiya. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Solving Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 8, No 3, pp. 332-339.

Widianti, Adha Yusrika., dan Sari, Mutia Prima. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif Menggunakan Maze Chase Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV SD. Research and Development Journal Of Education. Vol 8, No 2, pp. 617-626.

Ma’rifah, Maulina Zaidatul., dan Mawardi. 2022. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hylex Learning Berbantuan Wordwall. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 12, No 3, pp. 225-235.

Downloads

Published

2023-09-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 95 , PDF Downloads: 94