PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p108-117Keywords:
Kata Kunci: Guided Inquiry, LKPD, Model ADDIE, Pencemaran Lingkungan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis guided inquiry pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII pada tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respons peserta didik, dan angket keterbacaan. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata sebesar 99,31% dengan kategori sangat valid dan reliabilitas sebesar 99,21% dengan kategori sangat reliabel. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata sebesar 92,71% dengan kategori sangat valid dan reliabilitas sebesar 96,43% dengan kategori sangat reliabel. Hasil persentase respons peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 92,95% dengan kategori sangat baik dan hasil persentase keterbacaan memperoleh skor rata-rata sebesar 93,12% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis guided inquiry pada materi pencemaran lingkungan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Guided Inquiry, LKPD, Model ADDIE, Pencemaran Lingkungan.
Downloads
References
1. Warisno, A. 2021. Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal An-Nur, Vol 1, No 1, pp. 1?8.
2. Adi, L. 2022. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, Vol 7, No 1, pp. 1?9.
3. Fitri, I. & Fatisa, Y. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Journal Of Natural Science and Integration, Vol 2, No 2, pp. 181?190.
4. Hidayat. 2021. Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matemaika dan IPA, Vol 1, No 2, pp. 99-112.
5. Wicaksono, A. G. 2020. Penyelenggaraan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Stem dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan IPA, Vol 10, No 1, pp. 54?62.
6. Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Kontekstual, Vol 1, No 2, pp. 49?57.
7. Fitri, I. & Fatisa, Y. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Journal Of Natural Science and Integration, Vol 2, No 2, pp. 181?190.
8. Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol 6, No 1, pp. 45?52.
9. Sujana, I. G. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Action Research, Vol 4, No 4, pp. 514?521.
10. Trianingsih, R. 2018. Aplikasi Pembelajaran Kontekstual yang Sesuai Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.
11. Askar, A., Daud, F., & Syamsiah. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. Journal Biology Teaching and Learning, Vol 2, No 2, pp. 143?151.
12. Diani, D. R., Nurhayati, N., & Suhendi, D. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (lkpd) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 7, No 2, pp. 1?3.
13. Kurnia, N. D., Chandra, A. F., & Tarigan, D. E. 2020. Pengembangan Instrumen Sustainability Awareness dalam Materi Alat-Alat Optik pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Fisika 6.0, Vol 1, No 1, pp. 141?145.
14. Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer New York.
15. Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah., & Amila, D. A. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol 2, No 2, pp. 311?326.
16. Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. 2019. Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol 7, No 1, pp. 53?60.
17. Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sistem Oprasi. Jurnal Pendidikan Informatika, Vol 2, No 1, pp. 24?33.
18. Elizabeth, A. & Sigahitong, M. M. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik SMA. Jurnal Prisma Sains, Vol 6, No 2, pp. 66?76.
19. Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. 2021. Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 10, No 2, pp. 49?53.
20. Kartini, K. S. & Putra, I. N. T. A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol 4, No 1, pp. 12?19.
21. Aditya, S., Haryoto, D., & Pramono, N. A. 2019. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Android untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Materi Momentom dan Implus. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, Vol 4, No 2, pp. 70?73.
22. Dawa, R. S., Bunga, Y. N., & Bare, Y. 2021. Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pencernaan di SMAS Katolik St. Gabriel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol 7, No 8, pp. 495?507.
23. Gulo, H. & Waruwu, T. 2022. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 1, No 1, pp. 13?22.