KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p148-158Keywords:
Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning), Keterampilan Generik Sains, Hidrolisis Garam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan generik sains siswa pada model pembelajaran POGIL dan model konvensional, serta mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran POGIL. Penelitian kuantitatif eksperimen dengan design posttest-only control group design adalah metodologi penelitian yang digunakan. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik purposive sampling digunakan untuk mendapatkan sampel penelitian tersebut. Dalam melakukan pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Tes berupa soal yang berjumlah 20 soal untuk mengukur Keterampilan Generik Sains (KGS) siswa dan nontes berupa lembar observasi KGS dan angket respon siswa terhadap pembelajaran POGIL. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis berupa uji T bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil KGS siswa pada model pembelajaran POGIL dan model konvensional yang dibuktikan dengan -thitung < -ttabel atau -5866 < -1,9944 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Model pembelajaran POGIL juga mendapatkan respon siswa dengan rata-rata sebesar 77% dalam kategori baik.
Downloads
References
Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Arnas, Erwina. 2012. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual dan Laboratorium Real Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Medan : Program Pasca Sarjana UNIMED.
Junarti, Enawaty, E., & Sartika, R. P. 2018. Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perubahan Kimia Dan Fisika Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 7, No. 1.
Sudarmin. 2012. Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kimia
Organik . Semarang: UNNES PRESS.
Sudarmin, & Haryani, S. 2015. The Ability Of Generic Science at Observation and Inference Logic Prospective Chemistry Teacher in Organic Chemistry Experiment. International Journal Of science and Research (IJSR), IV(5), 2319-7064.
Fitriana. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Hidrolisis Dan Keterampilan Generik Sains. Chemistry in Education, Vol.6, No.1 Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Jakarta: PAU-PPAI-Universitas Terbuka.
Moog, R.S. dan Spencer, J.N. 2008. Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Washington: American Chemical Society.
Arsy. Y.Z. dan Octarya, Z. 2022. Efektivitas Strategi Pembelajaran Eksperimen Berbasis Metode Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Laju Reaksi. Journal of Natural Science Learning, Vol. 01, No 01.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ermawati, E., Sugiarto, R., dan Vebrianto, R. 2018. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Journal of Natural Science and Integration. Vol. 1, No. 2.
Ramlawati, Liliasari, & Martoprawiro, M.A. 2014. The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Students‟ Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry. Journal of Education and Learning. Vol.8, No.3, pp. 179-186.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: P. Remaja Rosdakarya Offse.
Moerwani, P. 2001. Hakikat Pembelajran MIPA dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Jakarta: PAU-PPAI-Universitas Terbuka.
Selvianti, Ramdani, dan Jusniar. 2013. Efektivitas Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica, XIV(1).
Rustam. Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Pemahaman Konsep IPA, Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Siswa. Lombok. 2017.
Ardhana, I.A. 2020. Dampak Process- Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) terhadap Pengetahuan Metakognitif Siswa pada Topik Asam- Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, Vol.8 , No.1.
Widya Fitriani. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Guided Inquiry (Gi) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jakarta: Skripsi Uin Syarif Hidayatullah.

