INVESTIGASI MISKONSEPSI REAKSI KIMIA MULTIPLE REPRESENTATION DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p77-85Keywords:
Miskonsepsi, Reaksi kimia, CRIAbstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi miskonsepsi pada konsep reaksi kimia serta memberikan dasar bagi pengembangan metode dan desain pembelajaran kimia yang lebih adaptif. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, penelitian ini menggunakan multiple representasi dan Certainty of Response Index (CRI) untuk merinci ingkat keyakinan siswa terhadap jawaban yang dipilih. Penelitian menggunakan metode CRI untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi reaksi kimia. Skor CRI rendah menunjukkan kemungkinan miskonsepsi. Penelitian dilakukan pada siswa Madrasah Aliyah di SMA Kifayatul Achyar dan MAN 2 Kota Bandung. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tesiagnostik materi reaksi kimia pada peserta didik yang disertai CRI sebanyak 10 soal pilihan ganda beralasan. Instrumen berupa soal tes diagnostik ini dibuat baru oleh peneliti Hasil tes diagnostik menunjukan variasi miskonsepsi pada representasi makroskopis, simbolik, dan submikroskopis. Mayoritas peserta didik (71,30%) memahami konsep reaksi kimia, namun sebagian merasa kurang yakin (16,05%). Persentase rata-rata miskonsepsi mencapai 19,98%. Diperlukan strategi pembelajaran yang lebihfektif untuk meningkatkan pemahaman konsep reaksi kimia. Konsep reaksi kimia dalam penelitian ini meliputi peristiwa yang termasuk dalam reaksi kimia, koefisien dalam reaksi kimia, ciri-ciri reaksi kimia terjadi, persamaan reaksi kimia, hukum kekekalan masa dan hukum perbandingan tetap Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran kimia yang lebih adaptif di Madrasah Aliyah Kota Bandung.
Downloads
References
Noor, I. Dewi, A. Kusairi, S. dan Yuliati, L. 2016. Miskonsepsi Siswa SMA dalam Materi Hukum Archimides.
Suparwati, N. M. A. 2022. Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Mipa. vol. 12. no. 2. pp. 341–348. doi: 10.37630/jpm.v12i2.591.
Rokhim, D. A. Rahayu, S. dan Dasna, I. 2023. Analisis Miskonsepsi Kimia dan Instrumen Diagnosisnya: Literatur Review. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK.
Ilma, B. Zuhullaili, H. Laksmiwati, D dan Siahaan, J. 2022. Identifikasi Miskonsepsi dalam Meyelesaikan Soal Kimia pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Chemistry Education Practice, vol. 5, no. 2, pp. 245–250, Nov. doi: 10.29303/cep.v5i2.2503.
Suyatman dan Taher, T. 2020. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Lampung Timur dalam Mempelajari Pokok Bahasan Temokimia.
Fantiani, C. Afgani., M.W. dan Astuti, R.T. 2023. Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde Reaksi. JIPK. vol. 17. no. 1.[Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK.
Apriliani, F. Erlina, E. Melati, H.A. Sartika, R.P. dan Lestari, I. 2022. Pengembangan Video Gaya Antarmolekul Berbasis Multipel Representasi untuk Mengatasi Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 10, no. 4, pp. 790–802. doi: 10.24815/jpsi.v10i4.25890.
Rokhim, D. A. Rahayu, S. dan Dasna, W. 2023. Analisis Miskonsepsi Kimia dan Instrumen Diagnosisnya: Literatur Review. JIPK, vol. 17. no. 1. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK.
Irfandi, R., Murwindra. dan Murdansi, D.P. 2022. Analsis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Materi Termokimia di SMAN 1 Teluk Kuantan. vol. 4.
Nazar, M. Winarni, S dan Fitriana, R. 2010. Identification of Senior High School Students. Misconceptions In Concept of Factors That Affect Chemical Reaction Rate.
Fantiani, C. Afgani., M.W. dan Astuti, R.T. 2023. Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde Reaksi. JIPK, vol. 17. no. 1. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK.
Jannah, R.R. dan Utami, L. 2019. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Menggunakan Certainty Of Respond Indeks. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, vol. 10, no. 2, pp. 50–60, Apr. 2019, doi: 10.22437/jisic.v10i2.5849.
Nursiwin. 2014. Menggali Miskonsepsi Siswa Sma Pada Materi Perhitungan Kimia Menggunakan Certainty Of Response Index.
Ulfah, S. dan Fitriyani, H. 2017. Certainty Of Response Index (CRI): Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Pecahan. pp. 341–349.
Cahyana, A. dan Mardiana, A. 2021. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dengan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Menggunakan Multimedia Pembelajaran Game Edukasi. Jurnal IKRA-ITH Informatika. vol. 5. no. 1.

