INVESTIGASI MISKONSEPSI REAKSI KIMIA MULTIPLE REPRESENTATION DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH DI KOTA BANDUNG

  • Rd Indah Rofi'ah Al Zahro Tadris IPA Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cucu Zenab Subarkah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yulia Sukmawardani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tri Cahyanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Miskonsepsi, Reaksi kimia, CRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi konsepsi pada konsep reaksi kimia serta memberikan dasar bagi pengembangan metode dan desain pembelajaran kimia yang lebih adaptif. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, penelitian ini menggunakan multiple representasi dan Certainty of Response Index (CRI) untuk merinci ingkat keyakinan siswa terhadap jawaban yang dipilih. Penelitian menggunakan metode CRI untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi reaksi kimia. Skor CRI rendah menunjukkan kemungkinan miskonsepsi. Penelitian dilakukan pada siswa Madrasah Aliyah di SMA Kifayatul Achyar dan MAN 2 Kota Bandung. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tesiagnostik materi reaksi kimia pada peserta didik yang disertai CRI sebanyak 10 soal pilihan ganda beralasan. Instrumen berupa soal tes diagnostik ini dibuat baru oleh peneliti Hasil tes diagnostik menunjukan variasi miskonsepsi pada representasi makroskopis, simbolik, dan submikroskopis. Mayoritas peserta didik (71,30%) memahami konsep reaksi kimia, namun sebagian merasa kurang yakin (16,05%). Persentase rata-rata miskonsepsi mencapai 19,98%. Diperlukan strategi pembelajaran yang lebihfektif untuk meningkatkan pemahaman konsep reaksi kimia. Konsep reaksi kimia dalam penelitian ini meliputi peristiwa yang termasuk dalam reaksi kimia, koefisien dalam reaksi kimia, ciri-ciri reaksi kimia terjadi, persamaan reaksi kimia, hukum kekekalan masa dan hukum perbandingan tetap Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran kimia yang lebih adaptif di Madrasah Aliyah Kota Bandung.

References

1. Noor, I., Dewi, A., Kusairi, S. & Yuliati, L. Miskonsepsi Siswa SMA dalam Materi Hukum Archimides. (2016).
2. Suparwati, N. M. A. Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi: Systematic Literature Review. JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, 341–348 (2022).
3. Rokhim, D. A., Rahayu, S. & Dasna, W. Analisis Miskonsepsi Kimia dan Instrumen Diagnosisnya: Literatur Review. JIPK vol. 17 http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK (2023).
4. Zuhullaili, B. ilma H., Laksmiwati, D. & Siahaan, J. Identifikasi Miskonsepsi Dalam Meyelesaikan Soal Kimia Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Chemistry Education Practice 5, 245–250 (2022).
5. Suyatman & Taher, T. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Lampung Timur Dalam Mempelajari Pokok Bahasan Temokimia. (2020).
6. Fantiani, C., Win Afgani, M., Resti Tri Astuti, dan & Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, P. Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde Reaksi. JIPK 17, (2023).
7. Irfandi, Murwindra, R. & Murdansi, D. P. Analsis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Materi Termokimia di SMAN 1 Teluk Kuantan. 4, (2022).
8. Nazar, M., Winarni, S., Fitriana, R., Prodi Pendidikan Kimia Unsyiah Banda Aceh, D. & Prodi Pendidikan Kimia Unsyiah Banda Aceh, M. Identification of Senior High School Students’ Misconceptions In Concept of Factors That Affect Chemical Reaction Rate. (2010).
9. Arifin, Z., Al-Hikmah, S., Agung, B. & Kanan, W. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY. (2020).
10. Rosmayanthi, D. & Ratnaningsih, N. Lateral Thinking Proces Analysis Of Students In Solving Open Ended Problems From Concrete Random and Random Thinking Style Abstract. 11, 103–119 (2021).
11. Fantiani, C., Win Afgani, M., Resti Tri Astuti, dan & Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, P. Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde Reaksi. JIPK 17, (2023).
12. Jannah, R. R. & Utami, L. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Menggunakan Certainty Of Respond Indeks. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry 10, 50–60 (2019).
13. Nursiwin. MENGGALI MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI PERHITUNGAN KIMIA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX.
14. Ulfah, S. & Fitriyani, H. Certainty Of Response Index (CRI): Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Pecahan. 341–349 (2017).
Published
2024-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 1