ANALISIS DIMENSI PENGETAHUAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENGEKSPLORASI POTENSI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Authors

  • Army Auliah Universitas Negeri Makassar
  • Syahraeni Mursalim Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Fudhail Majid Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p171-178

Keywords:

Literasi sains, dimensi pengetahuan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman peserta didik terhadap materi pendukung dapat berkontribusi terhadap pengembangan literasi sains. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan tes literasi sains. Selanjutnya hasil tes diperiksa dengan teknik analisis statistik deskriptif dan dikelompokkan berdasarkan derajat literasi sains. Temuan dari kajian data siswa mengenai potensinya dalam bidang sains. Jika dilihat potensi literasi sains peserta didik  dari segi pengetahuan diperoleh rata-rata indeks epistemik sangat buruk sebesar 29,41; rata-rata indeks prosedural sangat buruk sebesar 39,86; dan rata-rata indeks pengetahuan konten sebesar 44,6.

Downloads

Download data is not yet available.

References

OECD, PISA. 2018. Assesment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 12, pp. 2683‒2694.

Angraini, G. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta didik SMA Kelas X di Kota Solok. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 1, No. 4, pp. 161‒170.

Rizkita, L., Hadi S., Herawati S. 2016. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa SMA Kota Malang. Seminar Nasional II Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK.), pp. 771‒781.

Huryah, F., Sumarmin, R., and Effendi, J. 2017. Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X Di Kota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), Vol. 1, No. 2, pp. 72–79.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., and Jufri, A. W. 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 5, No. 2, pp. 108–116.

Hayat, B. 2010. Benchmark International Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Novili, W. I., Utari, S., Saepuzaman, D., Karim, S. 2017. Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Peserta didik SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 8, No. 1, pp. 57–63.

Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3, No.2, pp. 21–28.

Riyadhin, A. I. F., dan Mitarlis. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Redoks. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 1, No. 1, pp. 8–13.

Cholidiany. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Literasi Sains Pada Materi Larutan Penyangga. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 7, No. 3, pp. 371–375.

Chang, R. 2010. Chemistry, 10th ed. New York: McGraw-Hill.

Marwati, E. 2018. Kimia Paket C Tingkatan V Modul Tema 1: Kimia dalam Kehidupan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan MasyarakatKementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Thummathong, R., and Thathong, K. 2018. Chemical Literacy Levels of Engineering Students in Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, Vol. 39, No. 3, pp. 478–487.

Martinez-Hernandez, K., Ikpeze, C., and Kimaru, I. 2015. Perspectives on Science Literacy: A Comparative Study of United States and Kenya. Educational Research International, Vol. 4, No. 2, pp. 25.

Lestari, I. D. 2017. Pengaruh Literasi Sains Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta didik Pada Konsep Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, pp. 103–106.

Haristy, D. R., Eny E., dan Ira L. 2013. Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 2, No. 12, pp. 1–13.

Purwanto, N. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irwan, A. P., Usman, dan Bunga D. A. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Vol. 15, No. 3, pp. 17–24.

Roberts, R., Gott, R., dan Glaesser J. 2010. Student Approaches to Open-Ended Science Investigation: The Improtance of Substansive and Procedural Understanding. Researchi Paper in Education, Vol. 25, No. 4, pp. 377–407.

Duscl, R. 2008. Science Education in Three-Part Harmony: Balanching Conceptual, Epistemik, and Social Learning Goals. Review of Research in Education, Vol. 32, No. 1, pp. 268–291.

Yanti, R., Prihatin, T., and Kumaedi. 2018. Profile of Science Literacy Skill Domain Knowledge of SMP 2 Buai Ponrang. Journal of Primary Education, Vol. 7, No. 1, pp. 34–40.

Wardhana, S. O., dan Hidayah, R. 2021. Profil Literasi Sains Peserta Didik SMA Ditinjau Dari Domain Pengetahuan The Science Literacy Profile of Senior High School Students in Terms of Knowledge Domains. Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK) 2021, pp. 313–321.

Ardianto, D., dan Rubini, B. 2016. Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. Unnes Science Education Journal (USEJ), Vol. 5, No. 1, pp. 1167–1174.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., and Helen, H. 1932. How To Design And Evaluate Research In Education. New York: Mc Graw-Hill Education.

Rusilowati, A. 2014. Analisis Buku Ajar IPA yang Digunakan di Semarang Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Proceeding Seminar Nasional Konservasi dan Kualitas Pendidikan 2014, pp. 6–10.

Sari, D. N. A., Rusilowati, A., dan Nuswowati, M. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Pancasakti Science Education Journal, Vol. 2, No. 2, pp. 114–124.

Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3, No. 2, pp. 21–28

Downloads

Published

2024-05-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 148