ANALISIS DIMENSI PENGETAHUAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENGEKSPLORASI POTENSI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p171-178Keywords:
Literasi sains, dimensi pengetahuan.Abstract
Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini adalah untuk mengetahui potensi literasi sains dari dimensi pengetahuan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Gowa pada materi larutan penyangga. Pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian tes literasi sains dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan dikategorikan menurut tingkat kompetensi literasi sains. Hasil analisis data potensi literasi sains peserta didik Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Gowa menunjukkan bahwa dimensi pengetahuan masuk dalam kategori sangat kurang dengan skor rata-rata sebesar 37,95. Dilihat dari potensi literasi sains peserta didik dari dimensi pengetahuan, rata-rata indeks pengetahuan konten pada kategori sangat kurang sebesar 44,6, rata-rata indeks prosedural pada kategori sangat kurang sebesar 39,86, dan rata-rata indeks epistemik sangat kurang adalah 29,41. Penyebab rendahnya potensi literasi sains peserta didik disebabkan oleh peserta didik belum terbiasa menyelesaikan soal-soal yang berbasis literasi sains, hal ini karena peserta didik lebih terbiasa menghafal materi pembelajaran dibandingkan dengan memahami materi pembelajaran. Faktor selanjutnya disebabkan karena guru memberikan soal untuk evaluasi pembelajaran belum merupakan soal analisis, sehingga peserta didik belum terlatih untuk bisa menggunakan penalarannya