PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI LAJU REAKSI
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v14n1.p45-55Keywords:
E-LKPD interaktif, Problem Based Learning (PBL), Website Wizer.me, Laju Reaksi AnalisisAbstract
Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan penggunaan bahan ajar elektronik seperti E-LKPD interaktif berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan sinergi dalam pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Website Wizer.me pada materi laju reaksi, 2) tingkat kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan, dan 3) respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4-D Thiagarajan namun hanya sampai 3 tahap saja. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan angket analisis kebutuhan, lembar validasi ahli materi dan ahli media, dan angket respon peserta didik. Validasi produk melibatkan 1 dosen pendidikan kimia dan guru kimia, sedangkan respon peserta didik melibatkan 36 peserta didik kelas XI-10 SMAN 1 Gondang Tulungagung. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) produk yang dikembangkan berupa E-LKPD dengan model pengembangan Thiagarajan terbatas sampai 3 tahap dengan menggunakan software microsoft office, canva, website wizer.me sebagai penunjang, 2) E-LKPD interaktif yang dikembangkan mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dari ahli materi sebesar 90% dan ahli media sebesar 90%, 3) respon peserta didik didapatkan hasil sebesar 78% dengan kategori baik.
Downloads
References
Suderadjat, H.. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS): Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK. Bandung: Cv. Cipta Cekas Grafika.
Aliana, A., Hidayah, F., Al Adawiyah, R., Ayu, P., dan Mahanani, R. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 21, pp. 53–56.
Ani, N. I., dan Lazulva, L. 2020. Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. J. Nat. Sci. Integr, Vol. 3, No. 1, p. 87. doi 10.24014/jnsi.v3i1.9161.
Candra, I. M., Putra, W., Astawan, I. G., dan Antara, P. A. 2022. Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis PBL pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Vol. 10, No. 1, pp. 155–163.
Yuliana, V., Copriady, J., dan Erna, M. 2023. Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets pada Materi Laju Reaksi,. J. Inov. Pendidik. Kim, Vol. 17, No. 1, pp. 1–12. doi: 10.15294/jipk.v17i1.32932.
Faudah, L. F. 2021. Pengembangan Lkpd Elektronik ( E- Lkpd ) Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Bermuatan Etnosains Pada Materi. Skripsi, p. 6.
Rochmada, D. E. 2022. Pengembangan Game Edukasi Wordwall Dalam Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. Pgsd, Vol. 10, No. 06, pp. 1355–1364.
Prasetya, C., Gani, A., dan Sulastri, S. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains. J. Pendidik. Sains Indones, Vol. 7, No. 1, pp. 34–41. doi: 10.24815/jpsi.v7i1.13556.
Kamilah, N., dan Susanti, S. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Administrasi Perpajakan dengan Kompetensi Dasar PPh 21 Kelas Akuntansi. Edukatif J. Ilmu Pendidik, Vol. 4, No. 3, pp. 3201–321. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2612.
Siregar, A. J., Silalahi, A., Suyanti, R. D., dan Mistryanto, P. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Berorientasi PBL (Problem Based Learning). Talent. Conf. Ser. Sci. Technol., Vol. 2, No. 1, pp. 259–263. doi: 10.32734/st.v2i1.354.
Fitriya, F. F., dan Faizah, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Trigonometri. Kogn. J. Ris. HOTS Pendidik. Mat, Vol. 1, No. 2, pp. 104–114. doi: 10.51574/kognitif.v1i2.108.
Basrina, Y., Afryansih, N., dan Febriani, T. 2023. Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal Pendidik. dan Ilmu Geogr), Vol. 8, No. 1, pp. 31–38. doi: 10.21067/jpig.v8i1.7361.
Harahap, L. K., dan Siregar, A. D. 2020. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. Vol. 10, No. 01, pp. 1910–1924.
Munawaroh, N., dan Sholikhah, N. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. J. Ecogen, Vol. 5, No. 2, p. 167. doi: 10.24036/jmpe.v5i2.12860.
Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., dan Amrullah, L. W. Z. 2023. Pemanfaatan Website Wizer Me untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana J. Pengabdi. Masy, Vol. 4, No. 1, pp. 22–29. doi: 10.37478/mahajana.v4i1.2527.
Debora, A., Simangunsong, B., Pane, E. P., Hkbp, U., dan Pematangsiantar, N. 2021. Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis Discovery Learning pada Materi Stoikiometri. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 6, pp. 4415–4425.
Triana, Y., Enawaty, E., Sahputra, R., Muharini, R., dan Sartika, R. P. 2021. Pengembangan LKPD berbasis PBL dengan Liveworksheet pada pokok bahasan Termokimia di SMA / MA Pontianak Development of PBL-based LKPD with Liveworksheet on the subject of Thermochemicals at SMA / MA Pontianak. Vol. 4.
Agustine, A. C. W., dan Yonata, B. 2024. Kelayakan Lkpd Berbasis Pjbl Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Materi Hidrokarbon. Vol. 13, No. 3, pp. 179–191.
`Izza, M., Anharuddin, M., dan Prastowo, A. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dengan Media Pembelajaran Lectora Inspire. Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 7, No. 1, p. 94. doi: 10.35931/am.v7i1.1467.
Hasanah, K. N., dan Agustini, R. 2023. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Materi Larutan Penyangga Development Of Student Worksheet Based On Guided Inquiry To Train Students ’ Science Process Skills On Buffer Solution. Vol. 12, No. 3.
Dewi, N. A., Purnamasari, R., dan Karmila, N. 2023. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Webiste Wizer.Me Materi Sifat- Sifat Bangun Ruang. J. Ilm. PGSD FKIP Univ. Mandiri, Vol. 09, No. 02, pp. 2562–2575.
Subandi, I. P., Sudzuasmais., Triana, A. D., dan Hidayah, R. 2023. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Minyak Bumi Di Era Merdeka Belajar. Vol. 17, No. 1, pp. 59–66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

