IMPLEMENTASI MATERI KOLOID BERBASIS PENDEKATAN ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN WIRAUSAHA (PKWU)

Authors

  • Fika Nafilah Universitas Syiah Kuala
  • Sri Winarni Universitas Syiah Kuala
  • Muhammad Nasir Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v14n1.p1-7

Keywords:

Pembelajaran Prakarya dan Wirausaha, Pendekatan Etnosains, Koloid

Abstract

Etnosains adalah bentuk pengetahuan yang mengaitkan alam dan budaya. Dalam konteks ini, sains dianggap sebagai inovasi yang merangkum pengetahuan masyarakat yang telah dianalisis secara ilmiah dan memberikan dampak positif, sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan eksperimen pembelajaran Prakarya dan Wirausaha (PKWU) pada materi koloid dengan pendekatan etnosains, fokus pada selai khas Samahani di MAN 1 Aceh Besar. Tiga aspek utama yang dianalisis meliputi pelaksanaan pembelajaran PKWU oleh peserta didik, hasil produk yang dihasilkan, serta tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran ini. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1. Hasil penelitian menunjukkan analisis pelaksanaan pembelajaran PKWU berbasis etnosains dengan topik selai Samahani menunjukkan hasil sangat baik, dengan nilai analisis 87,4% pada pertemuan pertama dan 94,1% pada pertemuan kedua. Produk akhir, termasuk pembuatan selai koloid, mendapat penilaian organoleptik yang baik, dan tanggapan peserta didik mencapai 91,5%, menunjukkan ketertarikan mereka terhadap kreativitas dan penerapan ilmu kimia dalam konteks budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zulfikar. 2008. Kimia kesehatan jilid 1 untuk sekolah menengah kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yeni, T. 2021. Kimia Tanah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta didik SMKN Pretanian 2 Tugumulyo. Jurnal Perspektif Pendidikan, Vol. 15, No. 1, pp. 81–90.

Nasriati., Winarni, S., and Latifah, H. 2023. Problem Based Learning (PBL) towards student’s critical thinking ability: Literature review. Prosiding Seminar Nasional Kimia, Vol. 2, No. 1, pp. 112–118.

Wibowo, T. dan Ariyatun, A. 2020. Kemampuan Literasi Sains Pada Peserta Didik Sma Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Garda Rujukan Digital, Vol. 12, No. 2, pp. 214–222.

Kantina, S., Suryanti., dan Suprapto, N. 2022. Mengkaji Pembuatan Garam Gunung Krayan dalam Etnosains Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4, pp. 6763–6773.

Hadi, W. P., Sari, F. P., Sugiarto, A., dan Mawaddah, W. 2019. Terasi Madura: Kajian Etnosains dalam Pembelajaran IPA untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 10, No. 1, pp. 45–55.

Pratama, D. H., Rochmawaty, L., and Sujatmika, S. 2023. Ulos Fabric Dyeing Process as Ethnoscience-Based Science Learning Resource. International Journal of STEM Education for Sustainability, Vol. 3, No. 1, pp. 10–21.

Sumarni, W. 2008. Etnosains dalam Pembelajaran Kimia.

Habibillah, N. K. N., Winarto, and Wicaksono, A. G.. 2023. The Pranata Mangsa in the Perspective of an Ethnoscience Approach as Natural Science Teaching Materials in Elementary Schools. International Journal of STEM Education for Sustainability, Vol. 3, pp. 459–467.

Nurhayati, E., Andayani, Y., dan Hakim, A. 2021. Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM dengan Development of Stem-Based Chemical E-Modules with Etnoscience Approach. Chemistry Education Practice.

Andayani, Y., Anwar, Y., Hadisaputra, S. 2021. Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Peserta didik: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, Vol. 16, No. 1, pp. 39–43.

Nurlaili dan Fuadi, C. 2019. Pengaruh Model Analogi Berbasis Etnosains untuk Mencegah Kesalahan Konsep Peserta Didik. Vol. 6, No. 2, pp. 109–117.

Zulkifli, Z. 2020. Penggunaan Bahan Makanan Tradisional dalam Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal di Aceh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12, No. 3, pp. 22–31.

Novilia, L., M, Srini., dan Fajaroh, F. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 4, No. 3, pp. 95–101.

Maulina, R., Nazar, M., dan Hanum, L. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Materi Koloid di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 4, pp. 52–58.

Nisa, A. R. K., dan Harrista, S. 2022. Pembelajaran Pjbl (Project Based Learning) Terhadap Pemahaman Materi Kimia Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, Vol. 6, No. 2, pp. 141–147.

Lawshe, C. H. 1975. A quantitative approach to content validity. Pers Psychol.

Aiken, L. R. 1985. Aiken’s content validity index (CVI) formula. Educ Psychol Meas.

Sitaresmi, K. S., Saputro, S., dan Utomo, S. B. 2017. Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia.

Lamusu, D. 2018. Uji Organoleptik Jalangkote Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L) Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan Organoleptic Test Jalangkote Ubi Jalar Purple (Ipomoea Batatas L) As Food Diversification Effort.

Sari, N. L. dan Suprihatin, S. 2018. Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Berorientasi nilai keislaman pada materi pengangguran kelas XI. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Downloads

Published

2025-01-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 94 , PDF Downloads: 110