PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS PESERTA DIDIK (LAPD) DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p101-111Keywords:
Lembar aktivitas peserta didik (LAPD), mind mapping, kemampuan berpikir kreatif, stoikiometriAbstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan kognitif penting bagi peserta didik dalam menghadapi tantangan pembelajaran, khususnya dalam menganalisis dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan mengkaji kelayakan Lembar Aktivitas Peserta Didik (LAPD) berbasis strategi mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi stoikiometri. Kelayakan LAPD ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan LAPD menggunakan model 4D, dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. LAPD terdiri atas tiga bagian utama: LAPD 1 membahas tata nama senyawa, rumus kimia, dan konsep Ar-Mr; LAPD 2 membahas hukum dasar kimia dan konsep mol; serta LAPD 3 memuat materi persamaan reaksi. Hasil validasi menunjukkan skor modus sebesar 4, mengindikasikan bahwa LAPD memenuhi kriteria kevalidan. Kepraktisan diukur melalui angket dan observasi aktivitas peserta didik. Hasil angket menunjukkan respon positif sebesar ≥ 61% pada setiap item, dan observasi mencatat aktivitas relevan peserta didik mencapai rata-rata 91% selama tiga pertemuan. Keefektifan diukur melalui analisis N-gain, dengan seluruh peserta uji memperoleh skor ≥ 0,7 yang tergolong kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, LAPD berbasis mind mapping dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media alternatif pembelajaran stoikiometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dengan hasil peningkatan tertinggi pada aspek fluency dan originality diikuti aspek elaboration dan flexibility.
Downloads
References
Ahmar, D. S. 2016. Hubungan antara Kemampuan Awal dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik kelas XI IPA SMA Kabupaten Takalar. Jurnal Sainsmat, Vol. 5, No. 2, pp. 157‒166.
Suhardi, A., Laily, Y. S., dan Susilawati. 2020. Pengaruh Penggunaan Mind Map terhadap Pemahaman Konsep Stoikiometri. Journal of Natural Science and Integration, Vol. 3, No. 1, pp. 106‒114.
Giunta, C. J. 2016. What’s in a Name Amount of Substance, Chemical Amount, and Stoichiometric Amount. Journal of Chemical Education,Vol. 93, No. 4, pp. 583–586.
Sappaile, N. 2019. Hubungan Pemahaman Konsep Perbandingan dengan Hasil Belajar Kimia Materi Stoikiometri. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), Vol. 10, No. 2, pp. 58‒71.
Acesta, A. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 2b, pp. 581‒586.
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Widiyono. 2021. Mind Mapping Strategi Belajar Yang Menyenangkan. Jombang: CV. Lima Akasara.
Supadmi, N. L., Wiratma, I. L., Merta, L. M. 2017. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Peserta didik Kelas X MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol. 2, No. 2, pp. 48‒52.
Andriani, R., Subanji, S., dan As’ari, A. R. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Problem Posing. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 6, No. 3, pp. 604‒612.
Trianah, Y. 2021. Pengembangan LKPD Kimia Berbasis Inkuiri Materi Kimia Tanah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta didik SMKN Pretanian 2 Tugumulyo. Jurnal Perspektif Pendidikan, Vol. 15, No. 1, pp. 81‒90.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan., S, Dorothy S., Semmel, Melvyn I., dan Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota: University of Minnesotta.
Waruwu, M. 2024. Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan, dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 9, No. 2, pp. 1220‒1230.
Widodo, S. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkalpinang: CV Science Techno Direct Perum Korpri.
Luthfi, A 2021. Research and Development (R&D): Implikasi dalam Pendidikan Kimia. Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya.
Abdi, H. 2010. Guttman Scalling. Dalam N Salkind, Encyclopedia of Research Design. Thousand Oaks, CA: Sage.
Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., dan Ayu, S. M. 2024. N-Gain vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Design One Group Pretest-Posttest. Yogyakarta: Suryacahya.
Maulidy, G. M., dan Mitarlis. 2022. Implementasi LKPD Berorientasi Mind Mapping pada Materi Redoks untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Uneja Journal of Chemical Education, Vol. 11, No. 3, pp. 117‒186
Sulistiowati, E., dan Mitarlis. 2021. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Strategi Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Redoks Kelas X. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 10, No. 2, pp. 185-194.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.
Abstract views: 102
,
PDF Downloads: 152









