MEREDUKSI MISKONSEPSI LEVEL SUB-MIKROSKOPIK DAN SIMBOLIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA SMA NEGERI 1 BOJONEGORO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE (REDUCE MISCONCEPTION AT SUB-MICROSCOPIC AND SYMBOLIC LEVEL IN HYDROLISYS OF SALT STUDENTS SMA NEGERI 1 BOJONEGORO BY CONCEPTUAL CHANGE MODEL)

  • NOVITA ARDYANTI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa, mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran conceptual change dan mendeskripsikan pergeseran miskonsepsi siswa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran conceptual change pada materi hidrolisis garam. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan sampel kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bojonegoro. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah “One Group Pretest-Posttest Design”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil miskonsepsi siswa sebelum diterapkan model pembelajaran conceptual change masih terjadi pada hampir semua konsep dengan rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 19,66%. (2) Rata-rata penilaian keterlaksanaan model pembelajaran conceptual change pada pertemuan I dan II adalah sebesar 94,70% dan 99,30%. (3) Terjadi pergeseran miskonsepsi siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model conceptual change, yaitu dari rata-rata sebesar 19,66% pada pretest menjadi 3,79% pada posttest. Rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada level sub-mikroskopik 39,65% pada pretest menjadi 3,45% pada posttest. Rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada level  simbolik 17,70% pada pretest menjadi 3,91%  pada posttest.

Kata Kunci: Miskonsepsi, Level Sub-mikroskopik, Simbolik, Model Pembelajaran Conceptual Change.

The aim of this research to describe profile of misconception student’s before applied conceptual change model, to describe the feasibility of learning and to describestudent’s shifting misconception after applied conceptual change model in hydrolisys of salt. The research has done in learning two times in the class with 29 students of SMAN 1 Bojonegoro. Design of the research is “One Group Pretest-Posttest Design”. The result of this research shown that:(1) Profile of misconception student’s happened in almost of concept which shown rate presentation of student’e misconception is 19,66%. (2) The average feasibility assessment conceptual change model of learning in the first and second meetings amounted to 94.70% and 99.30%. (3)Student’s misconception has done shifted after learning with conceptual change model is the rate presentation 19,66% (pretest) become 3,79 % (posttest). The presentation of student’s misconception at sub-microscopics level is 39,65% (pretest) become 3,45% (posttest). The presentation of student’s misconception at symbolic level is 17,70% (pretest) become 3,91% (posttest). 

Key word: Misconception, Sub-microscopic, Symbolic, Conceptual Change Model.

Published
2014-06-05
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 152