Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Role Card Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kediri

  • Cantika Putri Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe TGT; motivasi belajar; hasil belajar

Abstract

Tujuan dilakukannya percobaan ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi peserta didik untuk belajar belajar peserta didik serta hasil belajarnya. Model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang memusatkan semua kegiatan belajar pada peserta didik dengan membentuk konsep pertandingan antar kelompok. Salah satu unsur yang terdapat dalam pelaksanaan TGT adalah adanya unsur penghargaan yang diberikan. Penghargan ini dirasa mampu untuk menarik minat dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk memenangkan pertandingan. Dengan bantuan media role card, setiap peserta didik akan menanamkan tanggung jawab pada dirinya untuk menjawab soal yang diberikan. Jenis dari penelitian ini ialah penelitian jenis kuantitatif eksperimen menggunakan desain pre-test dan post-test grup kontrol. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan media role card mampu menambah motivasi peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Kediri. Hal ini dibuktikan uji paired t-test yang menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penerapan TGT dengan media role card. Serta mampu meningkatkan hasil belajar yang  dikuatkan dengan hasil belajar yang meningkat dari pre-test dengan rata-rata nilai 53.83 ke nilai post-test 75.25. Sedangkan nilai kelas kontrol pre-test dengan rata-rata nilai 71.6 ke nilai post-test 74.83. Nilai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran TGT lebih tinggi dari nilai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran secara konvensional.

References

Agustine, U., Kp, S., Kep, M., Liunokas, O. B. T., & Kep, S. (n.d.). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Keperawatan Waingapu.
Alifiani, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT-TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Materi Matematika SMA Implementation of NHT-TGT Learning Model to Improve Motivation and Conceptual Understanding of Mathematics for Senior High School. 4(1), 11–20.
Amri, M. S., & Abadi, A. M. (2013). Pengaruh PMR dengan TGT terhadap Motivasi, Sikap, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Kelas VII SMP. Pengaruh PMR Dengan TGT Terhadap Motivasi, Sikap, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Kelas VII SMP, 8(1), 55–68. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8494
Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori xy Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 45–54. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jmm17/article/view/422
Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(2), 243–255.
Djata, B. T. (2018). the Role of Assistance and Budget Impacts in the Field of Marine and Fisheries on Welfare Conditions of Fishermen Community in Ende District. 6(1), 78–102. https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1
Ervianna, R., Sari, K., Hadi, D. S., Si, M., Prishardoyo, D. B., & Si, M. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournamet (Materi Permintaan, Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar). Economic Education Analysis Journal, 1(1).
goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Smp Negeri 25 Batam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Indrawati, F. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215–223. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.126
Lestari, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Peer Teaching (Pembelajaran Sesama Teman) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Menaming.
Masnidar Nasution, L. (2017). STATISTIK DESKRIPTIF. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55.
Nafiah, U. (2016). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Psikomotorik dan Kognitif) PADA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIII SMP NEGERI 4 JUWANA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permata, I. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di Sdn 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik, II(1), 26–32.
Robert S. Legutko. (2019). Socioeconomics Status and Diagnosed Disability Relationship in a Disadvantages Rural Junior-Senior High School.
Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75–81.
Showkat, N., & Parveen, H. (2017). Non-Probability and Probability Sampling. (August).
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning (J. Supriyanto, ed.). Surabaya: PUSTAKA PELAJAR.
Syahrir. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Teams Game Turnamen ( Tgt ) Terhadap Motivasi Keterampilan Matematika Siswa Smp. (November), 978–979.
T. ARAFAT, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Renang Di Smkn 3 Kediri). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 106–109.
Voorhis, V., Judy, L., & Price, E. (1995). IMPLEMENTING COOPERATIVE STRUCTURES TO INCREASE MOTIVATION AND LEARNING IN THE COLLEGE CLASSROOM.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Published
2020-09-03
How to Cite
Nugraha, C., & Subroto, W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Role Card Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 70-75. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p70-75
Section
Articles
Abstract Views: 771
PDF Downloads: 1188