Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap IPK Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unesa

Authors

  • Devanda Vicky Marceylla Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p36-42

Keywords:

indeks prestasi kumulatif (IPK), status sosial ekonomi, pendidikan orang tua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi IPK mahasiswa angkatan 2017 prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dimana penelitian ini hanya untuk mengetahui apakah variabel bebas dan variabel terikat saling berhubungan. Sampel total sebanyak 82 responden ialah teknik sampel yang digunakan dalam studi. Instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Secara simultan, pengaruh status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua terhadap IPK memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara parsial, pengaruh variabel status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua terhadap IPK mahasiswa secara berturut-turut memiliki nilai signifikansi sebesar 0,003 dan 0,005

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-19

How to Cite

Marceylla, D. V., & Subroto, W. T. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap IPK Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unesa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(1), 36–42. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p36-42

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1114 , PDF Downloads: 902