Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap IPK Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unesa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi IPK mahasiswa angkatan 2017 prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dimana penelitian ini hanya untuk mengetahui apakah variabel bebas dan variabel terikat saling berhubungan. Sampel total sebanyak 82 responden ialah teknik sampel yang digunakan dalam studi. Instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Secara simultan, pengaruh status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua terhadap IPK memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara parsial, pengaruh variabel status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua terhadap IPK mahasiswa secara berturut-turut memiliki nilai signifikansi sebesar 0,003 dan 0,005
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Pustaka Setia.
Barr, A. B. (2015). Family Socioeconomic Status, Family Health, and Changes In Students’ Math Achievement Across High School: A Mediational Model. Social Science and Medicine, 140: 27–34.
Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(1): 75–80.
Chung, K. K. (2015). Socioeconomic Status and Academic Achievement. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (Second Edi, Vol. 22). Hong Kong: Elsevier.
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan (Bumi Aksar). Jakarta.
Eryanto, H., & Rika, D. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1: 39–61.
Gerungan, W. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Imiliyah, I. I., Mashudi, & Achmady. (2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Dan Rasionalitas Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7).
Jaya, M., & Pamungkur. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Al-Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2: 268–278.
Kusuma, U. P. (2017). Pengaruh Status Orangtua Dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Sleman. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2): 43–53.
Özdemir, N., Ayral, M., Fındık, L. Y., Ünlü, A., Özarslan, H., & Bozkurt, E. (2014). The Relationship Between Students’ Socioeconomic Status and Their Turkish Achievements. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143: 726–731.
Putriku, A. E. (2018). Prestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Stambuk 2014 Universitas Hkbp Nommensen. Jurnal Niagawan, 7(1): 50–58.
Saprudin, Wahjoedi, & Widiati, U. (2016). Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2): 1–7.
Sari, F., Haryanto, S., & Soebandono, D. (2014). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Mahasiswa yang Berprestasi (Studi Kasus Pada Program Studi DIII Kebidanan Stikes Guna Bangsa Jogjakarta). Jurnal Kesehatan Gubayo, 1(1): 1–9.
Setiawan, D., Saputra, H. D., & Nasir, M. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1): 67–74.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soejoto, A., Rafsanjani, M. A., Pamungkas, H. P., & Kamalia, P. U. (2019). Ekonomi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trisnowati, E. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak Tahun Akademik 2014/2015. In Ifdil, I., Bolo Rangka, I., & Adiputra, S. (Eds), Seminar & Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling: Jambore Konseling 3, Pontianak: Ikatan Konselor Indonesia. Hal: 30–36.
Yuzarion. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1): 107–117.
Copyright (c) 2022 Devanda Vicky Marceylla, Waspodo Tjipto Subroto (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 795