Pengaruh Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Karakter Siswa MAN 3 Banjarmasin

  • Riduansyah Riduansyah Lambung Mangkurat University
  • Dwi Atmono
  • Ananda Setiawan
  • Muhammad Rahmattullah
Keywords: Pancasila Student Profile, Economic Learning, Character Education

Abstract

This study aims to determine whether there is an influence on the application of the Pancasila Student Profile in Economic Learning on the Character of MAN 3 Banjarmasin Students. The method in this study uses quantitative research with the approach used in this study is quantitative descriptive. The subjects of the study consisted of 273 students of grade X MAN 3 Banjarmasin, the sample in this study amounted to 100 taken using Purposive sampling, a data collection technique used in the form of questionnaires to test validity and reliability through measurement model tests or outer models. Data analysis uses descriptive analysis and PLS-SEM analysis by testing structural models or inner models. The results showed that there was a significant influence between the Pancasila Student Profile on Economic Learning on the Character of MAN 3 Banjarmasin Students.

References

Ananda, S. T. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Pada Siswa di SMKN 4 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat. http://digilib.ulm.ac.id/archive/u-member/panel.php?catalogue=udigital&v=detail&code=19163

Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. PENDAIS, 3(1), 1–24.

Badan Standar Kurikulum, dan A. P., & Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Badan Standar Kurikulum dan Asesment Pendidikan, & Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Budhiman, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Gerakan.

Dewi, A. S., Sitompul, H., & Napitupulu, E. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Sma. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 111–125.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona virus disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129.

Indriani, N., Hasan, M., & Inanna, I. (2021). Peran Pendidikan Ekonomi dalam Membentuk Ekspektasi Masa Depan Keluarga Terhadap Pendidikan. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 4(1), 28–37.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.

Klikkalsel.com. (2022). Tawuran Remaja Kembali Terjadi di Banjarmasin, Diduga dari Kelompok Pelajar - Klikkalsel.com. https://klikkalsel.com/tawuran-remaja-kembali-terjadi-di-banjarmasin-diduga-dari-kelompok-pelajar/

koranbanjar.net. (2021). Pergaulan Bebas Anak Banjarmasin, Pria Ini Siksa Pacar Usai Setubuhi 5 Kali – koranbanjar.NET. https://koranbanjar.net/pergaulan-bebas-anak-banjarmasin-pria-ini-siksa-pacar-usai-setubuhi-5-kali/

Lestari, M. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 28 Jakarta. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.

Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 412–417.

Pendidikan dan Kebudayaan, K. (2021, December 21). Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi . https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/dorong-pemulihan-pembelajaran-di-masa-pandemi-kurikulum-nasional-siapkan-tiga-opsi

ponorogo.go.id. (2023, January 14). Bedah Data dan Fakta 191 Kasus Pernikahan Dini di Ponorogo Selama Setahun | Pemerintah Kabupaten Ponorogo. https://ponorogo.go.id/2023/01/14/bedah-data-dan-fakta-191-kasus-pernikahan-dini-di-ponorogo-selama-setahun/

Rachman, A. (2023, February 23). Kronologi Kasus Anak PNS Pajak Hingga Sri Mulyani Marah Besar. CNCB Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230223080648-4-416221/kronologi-kasus-anak-pns-pajak-hingga-sri-mulyani-marah-besar

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

Siregar, I., & Naelofaria, S. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Tingkat Sekolah Dasar (SD) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2).

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155–167.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak covid-19 terhadap ekonomi indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384–388.
Published
2024-01-31
How to Cite
Riduansyah, R., Atmono, D., Setiawan, A., & Rahmattullah, M. (2024). Pengaruh Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Karakter Siswa MAN 3 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 104-111. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n1.p104-111
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 39