PENANAMAN SIKAP SOPAN SANTUN MELALUI KETELADANAN GURU DI SMP NEGERI 1 BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO

  • INDRA ZAKARIA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman sikap sopan santun melalui keteladanan guru di SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif mengenai cara guru dalam menanamkan sikap sopan santun pada siswa dan siswi di SMP Negeri 1 Buduran kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini informan yang diwawancarai adalah guru dari tiap-tiap bidang studi, ketua dan anggota OSIS. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam menanamkan sikap sopan santun pada siswa secara langsung yang dilakukan melalui modelling/contoh guru dengan menerapkan budaya 5S (Sopan, Santun, Sapa, Salam, Senyum), memakai seragam lengkap dengan atributnya, dan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Sedangkan secara tidak langsung, penanaman sikap sopan santun dilakukan melalui memberikan cerita teladan yang berasal dari kisah nyata, film, dan cerita rakyat. Pengaruh positif dari penanaman sikap sopan santun berupa perubahan perilaku siswa yang terlihat dari kepatuhan menaati aturan sekolah.

Kata Kunci : sopan santun, keteladanan

Abstract

Aim of this research is to descript the embedment of politeness attitude through exemplary of teachers at SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo. This research is done by using qualitative approach about the way of the teachers in embedding  politeness attitude to their students at SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo. In this research, the interviewed informants were teachers in each subjects and also chief and member of OSIS. Data obtained in this research is interview and observation. Results of the research indicate that  teachers in their effort to embed politeness attitude  to their students directly is conducted through modeling/giving example  how to practice culture of 5S ((sopan (polite), santun (courtesy), sapa (greet), salam (regard), senyum (smile)), dress their complete uniforms and attributes, and communicate with bahasa Indonesia. While by indirect way, the embedment of politeness attitude  is conducted by means of delivering inspirational stories  from true stories, movies,  and folklores. The positive effect of embedding politeness attitude is the change of students’ attitude  in which they obey  the rules of school.

Keywords: politeness, exemplary.  

Published
2016-05-19
How to Cite
ZAKARIA, I. (2016). PENANAMAN SIKAP SOPAN SANTUN MELALUI KETELADANAN GURU DI SMP NEGERI 1 BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n4.p%p
Abstract Views: 456
PDF Downloads: 660