IMPLEMENTASI PROGRAM FAMILY CURRICULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT TAQWA SURABAYA

  • Istiqomah Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program Family Curriculum dalam membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At Taqwa Surabaya. Fokus dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pada kebiasaan yang diajarkan di sekolah apakah juga diterapkan di rumah atau belum hingga membentuk karakter tanggung jawab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kesesuaian implementasi program dari David C. Korten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kabid Kurikulum dan Sapras, Wakil Kabid Kesiswaan dan Humas, perwakilan wali kelas 7, 8, dan 9, serta perwakilan wali murid dari kelas 8 dan 9. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data wawancara dianalisis menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Family Curriculum dalam membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At Taqwa Surabaya telah berhasil membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik terbukti dari kebiasaan yang diajarkan di sekolah sudah diterapkan di rumah dengan baik yaitu sholat wajib 5 waktu dan ibadah sunnah lainnya melalui alarm sholat, pencapaian target kegiatan melalui buku penghubung (sebelum pandemi), pengkondisian belajar melalui home visit, dan memiliki kepercayaan diri dalam berkomunikasi saat mempresentasikan proposal hidup melalui student show.

Kata Kunci: implementasi, program Family Curriculum, karakter, tanggung jawab.

References

Akib, Haedar dan Tarigan, Antonius. 2000. Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif Model dan Kriteria Pengukurannya, (Online, (https://www.academia.edu/10240826/ARTIKULASI_KONSEP_IMPLEMENTASI_KEBIJAKAN_Perspektif_Model_dan_Kriteria_Pengukurannya, diakses 29 Mei 2021)

Ardiawan, I Ketut Ngurah dan Heriawan, I Gede Teguh. 2020. Pentingnya Komunikasi Guru dan Orang Tua serta Strategi PMP dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Danapati: Jurnal Komunikasi. Vol. 1 (1): hal 95-10.

Daradjat, Zakiah. 1973. Peranan Agama dan Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Manajemen Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jones, Charles O. 1994. Pengantar Kebijakan Publik (Publik Policy). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Koesoema, Doni. 2015. Strategi Pendidikan Karakter-Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Korten, David C. 1988. Pembangunan Berdimensi Kerakyatan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ni’mawati, dkk. 2020. Model Pengelolaan Pendidikan Karakter di Sekolah pada Masa Pandemi. Fastabiq: Jurnal Studi Islam. Vol. 1 (2): hal 145-156.

Nurhadi. 2018. Konsep Kurikulum Pendidikan Keluarga dalam Surah Al-Luqman. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan. Vol. 10 (1): hal. 1-17.

Prabowo, Sultan Hadi, dkk. 2020. Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 11 (2): hal 191-207.

Rochanah. 2016. Peranan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Menunjang Pembelajaran yang Efektif. Elementary. Vol. 4 (1): hal. 189-204.

Sari, Sioratna Puspita dan Bermuli, Jessica Elfani. 2021. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan. Vol. 7 (1): hal 110-121.

Setiawan Agus. 2021. Pendidikan Karakter Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 7 (1): hal 319-327.

Setiawan, Ebta. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id/implementasi.html. Diunduh 22 Februari 2021.

Sidiq, Muhammad Abdul Halim dan Fausiyah, Rika. 2019. Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Karya Dr. H. Amirrullah Syarnini, M. Ag. Bidayatuna. Vol. 2 (1): hal 80-105.

Supriyono, Iskandar, H., dan Sucahyono. 2015. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Masa Kini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat PAUD dan Dikmas.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Syafitri, Rodhiyah. 2017. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Strategi Giving Question and Getting Answer pada Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1 (2): hal 57-63.

Syarbini, Amirullah. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trisnawati, Wahyu dan Sugito. 2021. Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 Issue 1: hal 823-831.

Westra. 1989. Perilaku Organisasi. Jakarta: Pustaka Binaman Persindo.

Published
2021-12-07
How to Cite
Azizah, I., & Listyaningsih, L. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM FAMILY CURRICULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT TAQWA SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 650-667. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p650-667
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 124