IMPLEMENTASI PROGRAM FAMILY CURRICULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT TAQWA SURABAYA

Penulis

  • Istiqomah Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p650-667

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program Family Curriculum dalam membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At Taqwa Surabaya. Fokus dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pada kebiasaan yang diajarkan di sekolah apakah juga diterapkan di rumah atau belum hingga membentuk karakter tanggung jawab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kesesuaian implementasi program dari David C. Korten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kabid Kurikulum dan Sapras, Wakil Kabid Kesiswaan dan Humas, perwakilan wali kelas 7, 8, dan 9, serta perwakilan wali murid dari kelas 8 dan 9. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data wawancara dianalisis menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Family Curriculum dalam membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At Taqwa Surabaya telah berhasil membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik terbukti dari kebiasaan yang diajarkan di sekolah sudah diterapkan di rumah dengan baik yaitu sholat wajib 5 waktu dan ibadah sunnah lainnya melalui alarm sholat, pencapaian target kegiatan melalui buku penghubung (sebelum pandemi), pengkondisian belajar melalui home visit, dan memiliki kepercayaan diri dalam berkomunikasi saat mempresentasikan proposal hidup melalui student show.

Kata Kunci: implementasi, program Family Curriculum, karakter, tanggung jawab.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-12-07

Cara Mengutip

Azizah, I. N., & Listyaningsih, L. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM FAMILY CURRICULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT TAQWA SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 650–667. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p650-667
Abstract views: 207 , PDF Downloads: 154