Strategi SMP Santo Yusup Pacet Mojokerto dalam Pembentukan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama kepada Siswa

  • Muhammad Sifaul Qulub Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suwanda Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sistem yang digunakan oleh SMP Santo Yusup Pacet Mojokerto dalam membentuk kepribadian antara resistensi yang ketat terhadap siswa. Karakter resiliensi individu yang berbeda merupakan sikap yang sangat penting untuk diciptakan, mengingat Indonesia adalah negara yang multi agamis, multi suku dan multi budaya. Sekolah cukup untuk digunakan sebagai kendaraan bagi dunia lain untuk menanamkan kualitas-kualitas ketat ini dalam cara berperilaku yang ramah sehari-hari. SMP Santo Yusup, walaupun sebenarnya sekolah tersebut menghirup Katolik, namun penandaan agama harus dihilangkan sebisa mungkin mengingat bahwa penandaan agama sendiri untuk kepentingan sekolah akan benar-benar membuat disposisi selektif tertentu. Namun, pada akhirnya sekolah tidak mempertahankan pelajaran Katoliknya tetapi memberikan kualitas umum dalam pelatihan dalam situasinya saat ini. Studi ini menggunakan metodologi subjektif dengan rencana yang jelas. Strategi pengumpulan informasi menggunakan pertemuan, dokumentasi dan persepsi. Dari hasil tinjauan tersebut, terlihat bahwa metodologi SMP Santo Yusup Pacet Mojokerto dalam membingkai kepribadian resiliensi antara jaringan yang ketat dengan siswa dibawa melalui: (1) pengalaman yang berkembang di ruang belajar; (2) pengalaman yang berkembang di luar kelas; (3) pemanfaatan budaya di sekolah.

References

Admodiwiro, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT Ardadizya.

Arifin, Samsul. 2020. Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Karakter Toleransi Antar Umat Beragama Kepada Siswa Di SMPN 1 Jabon Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Volume 08 Nomor 03, 977-991.

Asifa, Falasipatul. 2016. Peran Guru Pai Dalam Pengembangan Toleransi Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah Di Sman 8 Yogyakarta. Jurnal Literasi. Vol 9 No 02. 18-28.

Blake, C. S. & Hamrin, V. (2007). Current Approach Esto The Assessment And Management Of Angeran Daggression In Youth: Areview. Journal Of Child And Adolescent Psychiatric Nursing, 20(4), 209–221.

Daryanto S.S. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.

Dayah, 2019. Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Journal Of Islamic Education. Vol.2, No.1,2019,36-52.

Dewi, R.C., Oktiawati, A., & Saputri, L.D.(2015). Teori dan Konsep Tumbuh Kembang : Bayi, Toddler, Anak, dan Usia Remaja. Yogyakarta : Nuha Medika.

Fadlillah, Muhammad. 2013. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatmariza, 2019. Toleransi Dalam Keberagaman Di Sekolah Mayoritas Budha (Studi di SD Manjushri Padang). Jce. Vol 2 (01), 23-29.

Fowler, Martin. 2005. Umldistilled 3 The, Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar. Andi. Yogyakarta.

Hasfiana, N., & Naro, W. (2019). Pembentukan Karakter Toleran Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Vol 22 (02), 267-275.

Martani, Dewi, Sylvia Veronica Siregar, Ratna Wardhani Aria Farahmita dan Edward Tanujaya, (2018), Akuntansi Keuangan Menengah: Berbasis PSAK, Edisi 2, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta Selatan.

Parekh, Bhikhu. (2010). Rethinking Multiculturalism Keberagaman Budaya dan Teori Politik, Yogyakarta: Kanisius.

Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta.

Rahayu, Anita. 2020. Peran Guru SMK Prapanca 2 Surabaya Dalam Menumbuhkembangkan Sikap Toleransi Siswa. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Volume 08 Nomor 03, 962-976

Said, M. 2010. Pengendalian Pneumonia Anak-Balita Dalam Rangka Pencapaian Mdg4. Jakarta.

Salusu, J, Pengambilan Keputusan Stratejik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utamna. 2006,

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif,dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Suryani & Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Vijjacariya, 2018. Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleran Di Masyarakat Muawanah. Volume 5 Nomor 1. 11-21.

Viningsih, Tamara Vaxia. 2020. Peran Guru PPKn Dalam Pembinaan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Di Sman 1 Gedangan Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Volume 08 Nomor 02, 826-840

Wilkowski & Robinson, 2008. Dalam Personality And Sosial Psychology Review, Vol 12 (01). 14-20.

Winardi. 2003. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana.

Published
2022-08-11
How to Cite
Qulub, M., & Suwanda, I. (2022). Strategi SMP Santo Yusup Pacet Mojokerto dalam Pembentukan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama kepada Siswa. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 177-191. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p177-191
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 169