PENGARUH METODE PROBING PROMTING PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA

THE INFLUENCE OF THE PROBING PROMTING METHOD ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF PANCASILA EDUCATION AT SMA NEGERI 17 SURABAYA

  • Miftakhul Hidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Probing Promting cognitive learning outcomes of Higher Order Thinking Skills

Abstract

 This study aims to examine the effect of applying the Probing Prompting method to student learning outcomes. This type of research is Quasy experiment with Nonequivalent Control Group Design. From a population of 319 students, samples were obtained using the cluster random sampling method, consisting of 70 respondents from class X-3 as the control group and X-9 as the experimental group. The research data was obtained by administering multiple choice tests pretest and posttest. The learning outcomes referred to are cognitive aspects with a focus on Higher Order Thinking Skills. Data analysis was carried out using IBM SPSS Statistics version 26. This study used the Mann-Whitney Non-parametric t test with the result Asymp.Sing (2 - tailed) 0.029 <0.05, so the hypothesis was accepted. Thus it can be concluded that there is an influence of the Probing Promting learning method on student learning outcomes in class X Pancasila Education at SMA Negeri 17 Surabaya. The influence of the Probing Promting method in this study was 0.51.

References

Anderson, L.W., and Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491-6504.

Anwar Hidayat. 2013. “Uji Normalitas dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap)”. statistikian.com, 10 Juli 2023. Surabaya

Ardi, A., & Yurike, M. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMA Negeri 1 Siberut. ISLAMIKA, 5(2), 633-642.

Ariyana, Yoki., dkk. (2018). “Buku Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aulia, Bunga, dkk, 2020. Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Metode PKn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. EDISI:Jurnal Edukasi dan Sains. 2(1), 123-131

Basyir, M. S., Dinana, A., & Devi, A. D. (2020). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89-100
Dolong, J. (2016). Tehnik Dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), pp. 293-300
Duda, H. J., Adibah, F. H., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh Model Probing Promptingikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1084-1091.
Ilham Pratama Putra. 2022. “Tak Ada PPKn Lagi di Kurikulum Merdeka Mulai Tahun Ajaran Baru 2022/2023”. medcom.id, 11 Juni 2023, Surabaya

Ismatulloh, K., Hr, B. M., & Lutfi, S. (2020, May). Application of Probing Prompting method in physics course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012062). IOP Publishing

Keputusan Menteri Pendidikan, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Makhmudah, S. (2018, February). Analisis literasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 318-325).

Murtini, S., & Larasati, D. Teori Belajar. Unesa University Press, 2017

M. Huda, “Model-model pengajaran dan pembelajaran.” Yogyakarta: pustaka pelajar, 2013.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Nizam dalam paparannya yang diunggah ke situs resmi Puspendik Kemdikbud, seperti dikutip detikcom, Selasa (17/4). (bag/fjp)

Baca artikel detiknews, "Mengenal 'HOTS', Penyebab Soal UNBK Dikeluhkan Begitu Sulit" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-3975448/mengenal-hots-penyebab-soal-unbk-dikeluhkan-begitu-sulit

Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar ditinjau dari self-efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189-196

Nurhadi, N. (2020). Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. EDISI, 2(1), 77-95.

Nurliana, N., Tanjung, I. F., & Khairuddin, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas XI Mas Cipta. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(3), 242-250

Nursyamsi, A., Suwondo, S., & Zulfarina, Z. (2021). Penggunaan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terintegrasi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi di SMAN 1 Kampar Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6295-6304

Nuryadi, dkk. (2017). “Dasar-Dasar Statistik Penelitian”. Yogyakarta: Sibuku Media

Raharjo, Sahid. 2014. “Cara Mengatasi Soal Angket yang Tidak Valid”. konsistensi.com, 21 Mei 2023. Surabaya
Rahmah, S. (2022). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 23-34.

Reny Asmarani Mansyur, dkk, Pengaruh Strategi Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sel Di Smpn 3 Sungguminasa, Jurnal Biotek6(1). 2018, hal. 85

Ruwaida, H. (2019). Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi: analisis kemampuan mencipta (c6) pada pembelajaran fikih di mi miftahul anwar desa banua lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51-76.

Safna, O. P., & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 140-154
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sumarni. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan, 3, 184-194

Sugiyono, Wina. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sudarsono, Teguh. (2021). Pengertian Probing Promting. Medan : Dosen Pendidikan 2

Supriono, A. (2019).Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar

Supriono, A. (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Pustaka Pelajar

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tenyang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Penidikan Menengah

Pratiwi, R., Hikmawati, H., & Gunada, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 213-220

Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111-120

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementrian Dalam Negeri. (Online). https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf), diakses 17 Februari 2023

Wardhani, D. K., Rustamana, A., & Wibowo, T. U. S. H. (2022). Implementasi Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 970-986.

Yuniarto, B., Maryanto, M., & Habibi, A. (2022). Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Sosial Sains, 2(11), 1170-1178
Published
2023-08-02
How to Cite
Hidayah, M., & Listyaningsih, L. (2023). PENGARUH METODE PROBING PROMTING PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(3), 661-674. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/55678
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 66