PENGARUH METODE PROBING PROMTING PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA

PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA

Penulis

  • Miftakhul Hidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Probing Promting hasil belajar kognitif Higher Order Thingking Skills

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan menguji pengaruh penerapan metode Probing Prompting terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki jenis Quasy experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Dari populasi sejumlah 319 peserta didik di dapatkan sampel penelitian melalui metode cluster random sampling sebanyak 70 responden yang terdiri dari kelas X-3 sebagai kelompok kontrol dan X-9 sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian ini didapatkan melalui pemberian tes pilihan ganda pretest dan posttest. Hasil belajar yang dimaksud aspek kognitif dengan fokus Higher Order Thingking Skills. Analisis data dilaksanakan melalui IBM SPSS Statistics versi 26. Uji t Non Paramterik Mann-Whitney digunakan dalam penelitian ini dengan hasil Asymp.Sing (2 - tailed) 0,029 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Dengan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh metode pembelajaran Probing Promting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 17 Surabaya. Besar pengaruh metode Probing Promting pada penelitian ini sebesar 0,51.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-02

Cara Mengutip

Hidayah, M., & Listyaningsih, L. (2023). PENGARUH METODE PROBING PROMTING PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA: PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(3), 661–674. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/55678
Abstract views: 90 , PDF Downloads: 109