PENGARUH METODE PROBING PROMTING PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA
PENGARUH METODE PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 17 SURABAYA
Kata Kunci:
Probing Promting hasil belajar kognitif Higher Order Thingking SkillsAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan menguji pengaruh penerapan metode Probing Prompting terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki jenis Quasy experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Dari populasi sejumlah 319 peserta didik di dapatkan sampel penelitian melalui metode cluster random sampling sebanyak 70 responden yang terdiri dari kelas X-3 sebagai kelompok kontrol dan X-9 sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian ini didapatkan melalui pemberian tes pilihan ganda pretest dan posttest. Hasil belajar yang dimaksud aspek kognitif dengan fokus Higher Order Thingking Skills. Analisis data dilaksanakan melalui IBM SPSS Statistics versi 26. Uji t Non Paramterik Mann-Whitney digunakan dalam penelitian ini dengan hasil Asymp.Sing (2 - tailed) 0,029 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Dengan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh metode pembelajaran Probing Promting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 17 Surabaya. Besar pengaruh metode Probing Promting pada penelitian ini sebesar 0,51.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

