PERAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BANGSAL KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p961-975Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran orang tua pada saat pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Desa Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Biddle & Thomas. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa peran orang tua yaitu sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang, dan pengawas. Dalam masa pembelajaran daring selama ini, orang tua yang ada di Desa Bangsal Kecamtan Pesantren Kota Kediri selalu berusaha untuk memberikan pendampingan yang terbaik untuk anak dalam proses pembelajarannya. Pendampingan yang diberikan orang tua seperti halnya menyiapkan kelengkapan untuk proses pembelajaran daring yang akan dilakukan dan bersedia mendampingi anak pada saat pembelajaran daring berlangsung. Orang tua menginginkan meskipun pembelajaran dilakukan secara daring anak dapat mengikuti pembelajaran secara maksimal dan tetap semangat dalam menjalani pendidikan. Orang tua sangatlah berperan penting terhadap kemajuan belajar anak karena dari dorongan orang tua anak dapat menumbuhkan kembali semangat belajar anak. Orang tua di Desa Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri menjelaskan bahwa selalu mendampingi anak pada saat pembelajaran berlangsung serta mengedepankan kepentingan anak daripada kesibukannya.
Kata Kunci: Peran orang tua, pembelajaran daring.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 110
,
PDF Downloads: 104


