Strategi Sekolah dalam Pencegahan Cyberbullying pada Siswa di SMP Negeri 6 Sidoarjo

Penulis

  • Ananda Ayu Triwulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p160-176

Kata Kunci:

Cyberbullying

Abstrak

Cyberbullying menjadi suatu permasalahan yang baru di tengah-tengah  kemajuan teknologi. Fenomena cyberbullying menyerang berbagai kalangan terutama pada remaja. Remaja menjadi pengguna akses internet tertinggi selama ini. Di tengah kemajuan teknologi ini, kejahatan semakin mudah dilakukan. Strategi pencegahan cyberbullying yang tepat perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kejahatan cyberbullying. Jika ditinjau dari Teori Hierarki Kebutuhan dari Abraham Maslow pelaku cyberbullying memiliki indikasi melakukan kejahatan cyberbullying karena kebutuhan hierarkinya tidak terpenuhi sehingga mencari individu-individu lain untuk dijadikan sasaran korban cyberbullying. Dari sisi korban, kebutuhan hierarki yang awalnya semua terpenuhi menjadi tercabut salah satunya kebutuhan rasa aman. Fokus penelitian ini adalah strategi sekolah dalam pencegahan cyberbullying pada siswa di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi sekolah dalam pencegahan cyberbullying pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Sidoarjo. Teori berpikir penelitian ini adalah Teori Hierarki Kebutuhan dari Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik dalam pengambilan data penelitian menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Informan  penelitian berjumlah empat orang wakil Kepala Sekolah Kesiswaan selaku Fasilitator Agen Perubahan, Guru Bimbingan Konseling Fasilitator Agen Perubahan, Perwakilan Agen Perubahan yang menjabat sebagai Ketua, Ketua Tim Teman Tifa. Hasil penelitian menunjukan cyberbullying terjadi karena siswa tidak menerapkan etika bermedia sosial dan kurangnya pengetahuan bahwa pelaku dari cyberbullying bisa dijerat hukuman sesuai undang-undang yang berlaku. Mencegah terjadinya cyberbullying di sekolah bisa diatasi melalui agen perubahan, tim Teman Tifa, kampanye anti perundungan melalui poster, penguatan kerja sama orang tua, sekolah, dan teman sebaya untuk  gerakan literasi digital anti cyberbulying.

Kata kunci: strategi, cyberbullying, pencegahan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-07

Cara Mengutip

Triwulandari, A. A., & Jatiningsih, O. (2022). Strategi Sekolah dalam Pencegahan Cyberbullying pada Siswa di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 160–176. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p160-176
Abstract views: 1111 , PDF Downloads: 1270