Praktik Nilai-Nilai Religius sebagai Upaya Meminimalisir Tindak Kenakalan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngoro

Penulis

  • Nando Bramastha Universitas Negeri Surabaya
  • Rr. Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p130-144

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang praktik nilai-nilai religius untuk meminimalisir kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Ngoro. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan praktik nilai-nilai religius sebagai upaya meminimalisir tindak kenakalan peserta didik di SMAN 1 Ngoro, (2) mengidentifikasi hambatan apa saja dalam praktik nilai-nilai religius sebagai upaya meminimalisir tindak kenakalan peserta didik di SMAN 1 Ngoro. Metode penelitian ini menggunakan pendekekatan kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang  digunakan dalam penelitian ini teori pendidikan karakter Thomas Lickona. Hasil penelitian menunjukkan SMA Negeri 1 Ngoro telah melakukan praktik pendidikan karakter religius melalui kegiatan sehari-hari seperti kewajiban sholat dhuha, apel pagi dan kegiatan remaja mushola. Hambatan yang muncul dalam praktik nila-nilai  religius yang pertama masih kurangnya kesadaran dari peserta didik sehingga masih banyak yang menyepelehkan dari kegiatan yang diberikan. Kedua, banyaknya peserta didik yang datang terlambat sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan dengan alasan terbanyak adalah jam berangkat yang terlalu pagi. Ketiga, kendala yang dialami yaitu dalam proses mempertahankan kegiatan yang sudah diberikan, karena dengan respon dari peserta didik yang sedikit yang membuat SMA Negeri 1 Ngoro seringkali berganti-ganti konsep dalam menerapkan pendidikan karakter religius.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter Religius, Kenakalan Peserta Didik.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, Rizki Brida dkk. 2019. Fenomena Kenakalan Peserta didik. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. 16(1). 70-81.

Azizah, Aida dkk. 2016. Karakter Tokoh Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Geidurrahman Al-mishry Berbasis Nilai-nilai Karakter Religius dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra di Madrasah Aliyah. Jurnal Refleksi Edukatika. 7(1). 78-83.

Dadan Suamara, Sahadi Humaedi dan Meilanny Budiarti. 2017. Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM. 129-389.

Dahliana, Rasmi. Dan Abdul Rasyid. 2018. Implementasi Kebijakan Sekolah Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di SMA Muhammadiyah 9 Rawabening Oku Timur. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol. 3. No. 1. 90-101.

Fahlawi, Sharizal dan Muhammad Sobri. 2020. Peran Guru Dalam Membentuk Religiusitas Siswa di SMK Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman. Vol. 8(1). 2-21.

Jasmana. 2021. Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan di SD Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol. 1. No. 4. 164-172.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompas.com (2020, 8 Februari). Kasus Bullying di Sejumlah Daerah. Diakses pada 5 Mei 2022. https://regional.kompas.com/read/2020/02/08/06060081/4-kasus-bullying-di-sejumlah-daerah-dibanting-ke-paving-amputasi-hingga?page=all

Medcom.id (2021, 13 April). Upaya Mencegah Kenakalan Remaja di Jakarta. Diakses pada 5 Mei 2022. https://www.medcom.id/foto/grafis/0kp4EvDk-upaya-mencegah-kenakalan-remaja-di-jakarta

Miranda, Aja. 2020. Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik di SMAN 1 Seunagan Nagan Raya Aceh. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3 No. 1. 16-33.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, Farid. DKK. 2021. Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Jurnal Penelitian dan kajian Sosial Keagamaan. Vol. 18. No. 1. 62-71.

Shidiq, Alima Fikir & Raharjo, Santoso Tri. 2018. Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarkat. 5(2). 176-187.

Supranoto, Heri. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.Vol. 3(1). 36-49.

Syaroh, Lyna D.M & Mizani, Zeni Murtafiati. 2020. Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Islamic Education Studies (IJIES). 3(1) 63-82.

Ummah, Nisaul Khoiru dan Khuriyah. 2021. Hubungan Religiusitas dan Pendidikan Karakter di Rumah terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 15. No. 1. 117-127.

Wahyuningtyas, Agustin dkk. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter Pada SMP Full Day School di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 5(1). 30-44.

Wibowo, Joko. 2018. Kenakalan Remaja dan Religiusitas: Menguatkan Karakter Remaja Dengan Karakter Islami.Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu. Vol. 1(2).151-162.

Wulandari, Dasu oka dan Hodriani. 2019. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah. Jurnal Of Education, Humaniora and Social Science (JEHSS). Vol. 1. No. 2. 139-147.

Diterbitkan

2022-08-06

Cara Mengutip

Bramastha, N., & Setyowati, R. N. (2022). Praktik Nilai-Nilai Religius sebagai Upaya Meminimalisir Tindak Kenakalan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngoro. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 130–144. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p130-144
Abstract views: 175 , PDF Downloads: 288