TRADITIONAL GAMES AS A SOURCE OF CHARACTER VALUE FOR CHILDREN IN SIMOKERTO SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p272-288Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai permainan tradisional sebagai sumber nilai karakter bagi anak di Kelurahan Simokerto Surabaya. Fokus penelitian ini mendeskripsikan tentang mekanisme komunitas Kampoeng Dolanan dalam menanamkan nilai karakter melalui permainan tradisional tarik tambang, egrang, dan holahop pada anak serta nilai karakter yang terintegrasi di dalamnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, subjek dalam penelitian ini adalah ketua komunitas kampoeng dolanan, anggota karang taruna, anak yang terlibat dalam permainan tradisional di kelurahan Simokerto Surabaya serta orang tua anak yang bermain permainan tradisional di kelurahan Simokerto Surabaya. Lokasi penelitian bertempat di RT. 04 RW. 02 Kelurahan Simokerto Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman melalui empat tahapan dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan mensandingkan perspektif dari teori 3N Ki Hajar Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan mekanisme komunitas Kampoeng Dolanan dalam menanamkan nilai karakter melalui permainan tradisional pada anak terdapat tiga tahap yakni mengenalkan, memainkan, dan melestarikan. Nilai karakter yang terintegrasi dalam permainan tradisional tarik tambang adalah keberanian, kekuatan, kerjasama dan kepercayaan, nilai karakter yang terintegrasi dalam permainan egrang adalah keberanian, kepedulian dan kerjasama, nilai karakter yang terintegrasi dalam permainan holahop adalah ketangkasan, keseimbangan, dan kerja keras.
Kata kunci: Permainan Tradisional, Karakter, Anak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

