Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Moral melalui Program 5S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun) di SMK Negeri 1 Trenggalek pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Prezthidya Negtha Zsantana Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suwanda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p222-236

Kata Kunci:

PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN MORAL

Abstrak

Abstrak
Suasana yang kondusif dapat diciptakan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Saat menerapkan pengajaran online, guru harus kreatif dalam menggunakan strategi untuk memenuhi peran mereka sebagai guru dengan baik selama pandemi. Pendidikan karakter paling dasar yang telah diperkenalkan sejak kecil terutama di sekolah merupakan program 5S (senyum, sapa, salam, sopan santun). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Pembentukan nilai-nilai pendidikan karakter dan moral melalui program 5S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun) Di SMK Negeri 1 Trenggalek selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan survei adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru bimbingan konseling dan orang tua. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan teori Miles dan Huberman memiliki empat langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil program 5S dalam penguatan nilai pendidikan karakter dengan cara 1) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) pada masa pandemi melalui penerapan visi misi sekolah yang mencantumkan program 5S; siswa dibiasakan melakukan program 5S dengan cara pembiasaan rutin dan spontan; memberikan lembar observasi pada orang tua siswa untuk memantau berjalannya program yang dilakukan di sekolah dapat diterapkan di rumah dan rencana pembelajaran dicantumkan kegiatan 5S tersebut. 2) Faktor yang mendukung berjalannya program 5S meliputi dukungan dari guru, lingkungan dan orang tua siswa. Guru yang cekatan lebih mudah untuk mengarahkan siswa. Faktor yang menghambat berjalannya program 5S meliputi masih ada beberapa siswa yang berperilaku tidak sopan, tidak tertib dan tidak santun
Kata Kunci: Pendidikan karakter, 5S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun), Covid-19

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-17

Cara Mengutip

Zsantana, P. N., & Suwanda, I. M. (2022). Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Moral melalui Program 5S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun) di SMK Negeri 1 Trenggalek pada Masa Pandemi Covid-19. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 222–236. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p222-236
Abstract views: 583 , PDF Downloads: 914