Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk

Penulis

  • Vivi Mustaghfiroh Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p382-397

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah, faktor pendukung, dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai karakter gotong royong pada siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pendidikan karakter Thomas Lickona. Fokus penulisan ini pada strategi sekolah dalam menginternalisasikan nilai karakter gotong royong, mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai karakter gotong royong beserta solusinya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara bebas terpimpin, yaitu kombinasi antara wawancara bebas dan wawancara terpimpin, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam internalisasi nilai karakter gotong royong pada siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk dilakukan melalui: (1) pembelajaran di kelas dengan berpedoman pada modul ajar, (2) kegiatan kokurikuler, (3) keteladanan, (4) kegiatan pembiasaan. Faktor pendukung dalam menginternalisasikan nilai karakter gotong royong pada siswa di SMP Negeri 1 Prambon meliputi: tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung dalam menginternalisasikan nilai karakter gotong royong, potensi yang dimiliki oleh sekolah, komitmen dan motivasi yang baik dari guru dan siswa, terdapat kegiatan sekolah yang mendukung internalisasi gotong royong. Faktor penghambat internalisasi nilai karakter gotong royong pada siswa di SMP Negeri 1 Prambon meliputi: karakteristik siswa yang berbeda, kurangnya komitmen dan motivasi siswa dalam melakukan gotong royong, masih terdapat guru yang memiliki kesadaran dan kepedulian rendah pada karakter siswa.

Kata Kunci: strategi, sekolah, nilai karakter gotong royong.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, B. S., & Rusdiana. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Bintari, P. N., & Darmawan, C. 2016. Peran Pemuda sebagai Penerus Tradisi Sambatan dalam Rangka Pembentukan Krakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(01), 57-76.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT RAJGRAFINDO PERSADA.

Firdanie, R. A., Sulistyarini, & Achmadi. 2021. Peran Teman Sebaya dalam Karakter Religius dan Gotong Royong Kelas VIII SMPN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 1-8.

Fitriani, I., & Saumi, A. 2018. Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program Imtaq dalam Membentuk Kepribadian Siswa. Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 75-97.

Kurniawan, S. 2017. Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa Berkarakter. Yogyakarta : Samudra Biru .

Lickona, T. 2019. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. Jakarta : PT Bumi Aksara .

Mahardika, A. 2017. Penanaman Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(02), 16-27.

Marhayati, N. 2021. Internalisasi Budaya Gotong Royong sebagai Identitas Nasional. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 8(01), 21-42.

Megawangi, R. 2009. Pendidikan Karakter Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Muhkam, M. F. 2022. Penumbuhan Karakter Gotong Royong Sebagai Ciri Utama Budaya Pancasilais (Studi Deskriptif di SMA Negeri 3 Bandung). Abdi Pandawa- Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 2(1), 50-60.

Rahmad. 2021. Nilai Karakter Cinta Tanah Air dan Gotong Royong pada Kearifan Lokal Manungal sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah Dasar. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(02), 220-227.

Rejeki, H. W. 2020. Membangun Karakter Gotong Royong dan Kerjasama Melalui Gemar Berinfak Wujud Nasionalisme di Sekolah. Wahana, 72(1), 75-84.

Roesminingsih, & Susarno, L. H. 2018. Teori dan Praktek Pendidikan . Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasiss Agama danBudaya . Bandung: Pustaka Setia .

Sari, N. K., & Puspita, D. L. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(01), 57-72.

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin. 2022. Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Tokoh Sema. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(04), 3473-3487.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumiana, & Susiloningsih, W. 2020. Pendidikan Karakter Sekolah Dasar di Era New Normal. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 199-205.

Utomo, E. P. 2018. Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 95-102.

Diterbitkan

2022-10-05

Cara Mengutip

Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 382–397. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p382-397
Abstract views: 759 , PDF Downloads: 1024