TINGKAT DISIPLIN BERLALU LINTAS REMAJA MILENIAL DI KECAMATAN NGORO KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n2.p510-524Kata Kunci:
TINGKAT DISIPLIN BERLALU LINTASAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat disiplin berlalu lintas remaja milenial di Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan jenis skala likert yang menggunakan empat opsi pilihan jawaban. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling: incidental. Penyebaran angket dan dilakukan dengan memberikan angket secara online atau melalui media sosial peneliti berupa facebook. Populasi yang digunakan sebesar 10.705 jiwa dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Kriteria sampel yang diambil peneliti yakni remaja milenial yang merupakan penduduk Kecamatan Ngoro, mengendarai kendaraan bermotor roda dua, biasa menggunakan internet dan berkisar usia 15-24 tahun.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik prosentase dan didasarkan pada Teori Thomas Lickona yang menyatakan bahwa ketika seseorang mengetahui hal yang baik, menginginkan hal yang baik, dan melakukan hal yang baik, maka akan terbentuk karakter yang baik pula. Terdapat tiga indikator yang digunakan sebagai tolok ukur dalam penelitian. Hasil secara keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat disiplin berlalu lintas remaja milenial di Kecamatan Ngoro tergolong pada kategori baik, dengan rincian 80 responden (80%) memiliki tingkat disiplin berlalu lintas yang baik dan sisanya 20 responden (20%) memilliki tingkat disiplin berlalu lintas yang cukup baik dan tidak ada responden yang memiliki tingkat disiplin berlalu intas yang tergolong kurang baik. Total skor yang diperoleh sebesar 10.268 dengan rerata sebesar 102,68 yang termasuk baik. Artinya, remaja milenial di Kecamatan Ngoro memiliki tingkat disiplinberlalu lintas yang termasuk tinggi.
Kata Kunci: Remaja, Milenial, DisiplinBerlalu Lintas
Unduhan
Referensi
Ali, Mohammad, Dkk. 2015. Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2006. Managemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Astuti, Ruly Fuji. 2015. Disiplin Berlalu Lintas di Jalan Raya pada Remaja Desa Petak, Pacet, Mojokerto. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Faiza, Arum, dkk. 2018. Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: Ernest.
Hafrida, H., Herlina, N. and Rakhmawati, D., 2020. Peningkatan Kesadaran Berlalulintas Dikalangan Remaja Pada Siswa SMP di Kota Sungai Penuh. In Prosiding Seminar Hukum dan Publikasi Nasional. Vol. 1, No. 2
Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE
Lickona, Thomas. 2012. Educating for Charakter. Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, M., 2022. Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Meinarno, Eko A. Sri Fatmawati & Mashoedi. 2016. Pembuktian Kekuatan Hubungan Antara Nilai-Nilai Pancasila Dengan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Th. 1, Nomor 1
Novayanty, A.A., 2021. Peningkatan Perilaku Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita. Jurnal Instruksional. Vol. 2 No 2
Nugraheni, Dkk. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kompensasi Finansial Dan Komitmen Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Grill On Resto Semarang. Journal of Management. Vol, 2 No.2
Nurfauziah, Rahayu. Perilaku Pelanggaran Lalu Linats Oleh Remaja Ditinjau Dari Perspektif konstruksi Sosial. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik. Vol. 3 Nomor 1. ISSN 2656-1786
Pratiwi, M.S. and Adiyanti, M.G., 2017. Studi Pendahuluan: Emosi Moral Pada Remaja. Jurnal Psikologi Perseptua.l Vol. 2 No. 2
Putri, M. and Putri, A.R.S., 2021. Perilaku Berkendara Pada Siswa SMA Negeri 1 Rengat. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam. Vol. 11 No. 2
Purwadi, A. J & Saebani, M. 2008. Upaya Meningkatkan Disipln Berlalu Lintas di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa dalam Rangka Mensukseskan Program Bengkulu Kota Pelajar (BKP). Jurnal Media Infotama. Vol. 3 No 6
Rest, J.R., Thoma, S.J. and Bebeau, M.J., 1999. Postconventional moral thinking: A neo-Kohlbergian approach. Psychology Press.
Santrock, John W. 2003. Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Sari, Sapta. 2019. Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Jurnal Profesional FIS UNIVED. Vol. 6 No. 2
Srijanti. A. Rahman H.I. Purwanto S.K. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi : Mengembangkan Etika Berwarga Negara. Jakarta : Salemba Empat
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Soekanto, Soerjono. 1982. Kesadaran Hukum Dan Kepatuhan Hukum. Jakarta: Rajawali
Sujarweni, V Wiratna. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 287
,
PDF Downloads: 560


