PERAN GURU PPKn SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB PESERTA DIDIK DI SMAN 16 SURABAYA
PERAN GURU PPKn SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB PESERTA DIDIK DI SMAN 16 SURABAYA
Kata Kunci:
Kata Kunci: Peran,Karakter, Tanggung JawabAbstrak
Penelitian ini mendeskripsikan peran guru PPKn sebagai motivator dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik. Lokasi penelitian ini di SMAN 16 Surabaya, menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini berfokus pada peran guru PPKn terhadap pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik dengan penerapan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teori belajar Behaviorisme B.F Skinner dimana dijelaskan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik di SMAN 16 Surabaya yaitu dengan cara (1) Memberikan penguatan positif berupa pemberian penghargaan atau reward (2) Memberikan penguatan negatif berupa pemberian punishment. Faktor pendukung terlaksananya kegiatan tersebut adalah suasana atau kondisi kelas yang kondusif kemudian faktor penghambatnya saat peserta didik masih sering meremehkan proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru karena yang dirasakan oleh peserta didik datang kesekolah hanyalah sekedar absensi. Hambatannya berupa ketergantungan peserta didik terhadap orang tuanya sehingga menghambat dalam proses pembentukan karakter tanggung jawab dalam diri peserta didik.
Kata Kunci: Peran,Karakter, Tanggung Jawab
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

