Penerapan Model Pembelajaran Blended Pada Mata Pelajaran PPKn Di MAN 1 Magetan Sebagai Solusi Dari Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Pembelajaran Blended, PPKn, Solusi PembelajaranAbstrak
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan secara daring dari awal masa pandemi hingga saat ini, dikhawatirkan dapat menjadi pengaruh negatif pada aspek sosial peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran, dimana pada awalnya murni dalam jaringan menjadi kolaborasi pembelajaran secara luring atau offline (tatap muka) atau yang biasa disebut dengan Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran blended pada mata pelajaran PPKn di MAN 1 Magetan sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan pembelajaran blended hanya terdapat 19 siswa yang dapat mencapai KKM atau ketuntasan kelas hanya sebesar 57,58%. Setelah penerapan pembelajaran blended, terdapat peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran PPKn. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa terdapat 30 siswa yang dapat mencapai KKM. Perolehan presentase nilai ketuntasan klasikal adalah 90,91, dimana presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah di atas 80 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut maka penerapan model pembelajaran blended pada mata pelajaran PPKn di MAN 1 Magetan dapat menjadi solusi dari pembelajaran di masa pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Pembelajaran Blended, PPKn, Solusi Pembelajaran
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

