PENANGANANAN CHILD ABUSE MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMPN 9 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n4.p852-869Kata Kunci:
Penanganan, Child abuse, Sekolah Ramah AnakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan child abuse melalui program Sekolah Ramah Anak di SMPN 9 Surabaya dan menganalisis kendala guru dalam penanganan child abuse melalui program Sekolah Ramah Anak di SMPN 9 Surabaya. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori ekologi Bronfenbrenner yang membahas mengenai 5 tingkatan sistem lingkungan yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah penanganan child abuse melalui program Sekolah Ramah Anak di SMPN 9 Surabaya terdiri dari menyediakan saluran pengaduan, memeriksa kebenaran, memberikan treatment (pembinaan), dan mengomunikasikan dengan pihak luar (alih tangan). Kendala yang dihadapi adalah kendala masih adanya hukuman fisik, kendala orang tua/wali murid kurang kooperatif, dan kendala kondisi peserta didik. Kendala kondisi peserta didik berupa kurangnya kontrol peserta didik terhadap diri sendiri, kurangnya motivasi untuk sekolah karena masalah keluarga, kurangnya keterbukaan peserta didik, dan adanya anggapan child abuse merupakan hal wajar.
Unduhan
Referensi
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2023. Aplikasi KBBI V, diakses pada 1 Juli 2023.
Biro Hukum dan Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2021. Angka Kekerasan terhadap Anak Sepanjang 2021 Menurun (online), https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3610/angka-kekerasan-terhadap-anak-sepanjang-2021-menurun, diakses pada 5 Februari 2023.
Bronfenbrenner, U. 1979. The ecology of human development: Experiments by nature and design. Cambridge: Harvard university press.
Christiana, E. 2019. Identifikasi Bentuk kekerasan dan Penangannya di Lingkungan Sekolah Dasar. Child Education Journal, 1(2), 58-64.
Cornivia, S. P., & Suwanda, I. M. 2022. Implementasi Program Sekolah Berbasis Ramah Anak Di SMP Negeri 2 Tuban. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(3), 617-632.
Deputi Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA. 2020. Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kemen PPPA
Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. 2021. Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261-269.
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan. Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB). 2023. Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Utama Lima Kali Berturut-turut (online), https://dp3appkb.surabaya.go.id/pemkot-surabaya-raih-penghargaan-kota-layak-anak-kategori-utama-lima-kali-berturut-turut/, diakses pada 20 Februari 2023.
Gani, H. A. 2016. Kekerasan terhadap Anak: Tinjauan dari Sisi Pelaku (Studi di Wilayah Kabupaten Jember). Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 12(1), 1-23.
Hainun, R., & Wellyana, W. (2021). Implementasi Upaya Penanggulangan Kekerasan pada Siswa (Stufi Kasus di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (JUPANK), 1(2), 190-199.
Johnson, E. J. 2020. An exploratory study on the prevention of school children from violence and abuse. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 30(4), 399-409.
Molzana, L., & Fernandes, R. 2023. Program Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Pendidikan Anti Kekerasan di Sekolah (Studi Kasus di SMAN 3 Bukittinggi). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 87-94.
Nurusshobah, S. F. 2019. Konvensi Hak Anak dan Implementasinya di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan), 1(2). 118-140.
Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2014 tentang Program Sekolah Ramah Anak.
Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. 2019. Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Di Smp Negeri 6 Depok. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 8-19.
Rohmana, F. S., & Suyanto, T. 2019. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Pengarusutamaan Hak Anak di MTsN 6 Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2). 646-660.
Rojab, B. 2023. Kawal Kekerasan di Dunia Pendidikan, Nadiem Makarim Tekankan Hal Ini (online), https://edukasi.sindonews.com/read/1016147/212/kawal-kekerasan-di-dunia-pendidikan-nadiem-makarim-tekankan-hal-ini-1675728121, diakses pada 1 Juli 2023.
Sholahudin, M. 2023. Kasus Kekerasan pada Anak dan Perempuan di Surabaya Terus Bertambah, (online), https://www.jawapos.com/surabaya/28/10/2022/kasus-kekerasan-pada-anak-dan-perempuan-di-surabaya-terus-bertambah/ diakses pada 26 Januari 2023.
Sommaliagustina, D., & Sari, D. C. 2018. Kekerasan seksual pada anak dalam perspektif hak asasi manusia. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 1(2), 122-131.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suralaga, F. 2021. Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Suyanto, Bagong. 2019. Sosiologi Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.
UNICEF. 2005. Manual Child-friendly School. New York: UNICEF.
Wahdah, M., & Mujiwati, Y. 2020. Penanggulangan Kekerasan di Lingkungan Sekolah Melalui Implementasi Program Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 143-150.
Zulyan, Z. 2021. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Dalam Pencegahan Kekerasan Pada (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu). Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (JUPANK), 1(1), 70-81.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

