PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA PASCA COVID-19 DI SMAN 20 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n4.p870-884Kata Kunci:
Pasca pandemi Covid-19, Peran guru, Karakter disiplinAbstrak
Pembelajaran daring menuju luring pada pasca pandemi mengakibatkan menurunnya karakter disiplin pada siswa. Hal itu mengakibatkan guru untuk berpikir bagaimana dalam membentuk karakter disiplin siswa pada saat pembelajaran pasca pandemi dan bagaimana problematika yang dihadap guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Dalam dunia penndididkan, guru adalah sebagai figure yang memiliki peran penting membimbing dan mendidik peserta didik untuk memiliki karakter terpuji. Peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pasca pandemi Covid-19 di SMAN 20 Surabaya guru memiliki peran seperti guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelolah kelas, guru sebagai fasilitator dan mediator, juga guru sebagai evaluator. Guru juga memiliki solusi untuk problematik yang dihadapi selama masa pasca pandemi. Pada pendidikan di sekolah terdapat nilai karakter yang dianggap penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran, yaitu disiplin. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Lokasi yang menjadi objek ini adalah SMAN 20 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode analisis menurut Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana guru berperan untuk membentuk karakter disiplin siswa pada pasca Covid-19 dan problematika yang dihadapi guru. Hal tersebut memiliki solusi yang diberikan oleh guru dalam pembentukan karakter disiplin.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

