Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan QR-Code Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Penulis

  • Wavi Elwijayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p190%20-%20202

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Media QR-Code, Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi kehidupan di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Qr-Code terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Qr-Code mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan data observasi keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik. Hasil nilai rata-rata dari tes kemampuan berpikir kritis yang diperoleh kelas eksperimen mendapatkan nilai 80. Berdasarkan hasil uji hipotesis paired sampel t-test dapat diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing kelas sebanyak 32 orang sebesar 0,000 untuk kelas eksperimen dan 0,001 untuk kelas kontrol. Karena 0,000 dan 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model model problem based learning berbantuan QR-Code terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas XI SMA Labschool Unesa 1 Kota Surabaya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Awami, F., Syamsuri, S., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Confidence Siswa. MENDIDIK Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 10–18. https//doi.org/10.30653/003.202281.200

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Cholik, C. A. (2021). "Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ ICT Dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik, Vol 2(2), Hal 6.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogi (1 ed.). Pare-Pare CV. Kaaffah Learning Center.

Fitriani, F., & Maemonah. (2022). "Perkembangan Teori Vygotsky Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Mis Rajadesa Ciamis". Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 11(1), Hal 38. https//doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, Vol 7(3), Hal 5. https//doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Ma’rufah, S., & Wisanti. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Lumut Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol 12(1), Hal 1–15.

Muchson. (2020). Statistik Deskriptif (Guepedia (ed.)). Guepedia.

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza Jurnal Pendidikan, Vol 2(1), Hal 64–76. https//doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258

Putra, I. P. (2023). Peringkat Indonesia di PISA 2022 Naik medcom.id.https//www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GKdPQmEK-peringkat-indonesia-di-pisa-2022-naik-tapi. Diakses pada tanggal 12 November 2023

Putri, H. K. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA Negeri Pilangkenceng Madiun. Universitas Negeri Surabaya.

Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol II. Hal 136. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Ristek, K. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https//ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Rosdianwinata, E., Rifa’i, R., Sutihat, S., & Suryani, N. (2022). Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantu QR Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mendidik Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, Vol 8(1), Hal 58–65. https//doi.org/10.30653/003.202281.212

Septiani, Y. (2022). Efektivitas audiovisual berbantuan QR-Code dalam pembelajaran teks eksplanasi di SMKN 1 Simpang Rimba. Educenter Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 1(5), Hal 512–517. https//doi.org/10.55904/educenter.v1i5.172

Sholikha, S. N., & Fitrayati, D. 2021. Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA. EDUKATIF Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2402–2418. https//doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.823

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian (30 ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.

Yulianti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Teknologi Informasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. IAIN Palangkaraya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-13

Cara Mengutip

Elwijayanti, W., & Listyaningsih. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan QR-Code Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(2), 190–202. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p190 - 202
Abstract views: 179 , PDF Downloads: 120