Implementasi Program Beasiswa Genius S1 Dalam Mengatasi Kesenjangan Pendidikan Tingkat Sarjana di Kabupaten Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p203%20-%20212Kata Kunci:
Implementasi, Beasiswa Genius S1, Kesenjangan Pendidikan Tingkat SarjanaAbstrak
Pendidikan merupakan hak setiap anak bangsa Indonesia sehingga sudah selayaknya diberikan jaminan untuk pemenuhan proses pembelajaran secara inklusif. Kemampuan ekonomi yang cenderung berbeda di wilayah Bojonegoro memberikan dampak akan jumlah sarjana sehingga terjadi perbedaan atau kesenjangan pendidikan antar wilayah. Kesenjangan tersebut dapat menghambat pemerataan kualitas pendidikan tingkat sarjana di Kabupaten Bojonegoro. Beasiswa Genius S1 memberikan solusi dalam bentuk bantuan pendidikan tingkat sarjana untuk seluruh masyarakat Bojonegoro yang menempuh pendidikan perguruan tinggi di Bojonegoro. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Beasiswa Genius S1 dalam mengatasi kesenjangan pendidikan tingkat Sarjana di Kabupaten Bojonegoro serta meninjau apakah program ini sudah efektif dalam mengatasi kesenjangan pendidikan tingkat sarjana di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan key informan. Hasil penelitian ini menunjukkan program Beasiswa Genius S1 telah dilaksanakan sesuai SK dan SOP yang berlaku. Program Beasiswa Genius S1 diimplementasikan melalui pemberian bantuan biaya pendidikan dengan ketentuan-ketentuan tertentu dan proses seleksi administrasi, wawancara, tes skill dan survey lapangan sehingga dapat tepat sasaran.
Unduhan
Referensi
Bhinadi, Ardito. (2017). Penanggulangan Kemiskinan Dan
Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta : Grup Penerbit CV Budi Utama.
Hakim, dkk. (2014). Peran Zakat Dalam Pembangunan Pendidikan Di Kota Bogor (Studi Kasus Pendayagunaan Zakat Bidang Pendidikan Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid Cabang Bogor). Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 243- 272.
Ilma,Naufal. (2015). Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82-87.
Kahar, Abdul. (2021). Beasiswa Pemutus Mata Rantai Kemiskinan. Bandung : Penerbit Indonesia Emas Group.
Kahar, Abdul. (2022). Meretas Batas Impian Dengan Beasiswa. Bandung : Indonesia Emas Group.
Kusuma, Nurhadi dkk. (2023). Ilmu Pendidikan. Serang Banten : PT Sada Kurnia Pustaka.
Khomsan, Ali dkk. (2015). Indikator Kemiskinan dan Misklasifikasi Orang Miskin. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Larassati,dkk. (2022). Analisis Kebijakan Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) Di Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 5(1), 1-20.
Lukum, Astin dkk. (2023). Kebijakan Pendidikan Konsep & Analisis.
Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.
Malik, A.A. (2022). Analisis Sumber Daya Manusia, Pengangguran Dan Kemiskinan Di Indonesia. Jakarta :
Universitas Bakrie Press.
Mbato, C. L. (2022). Pendidikan Indonesia Masa Depan: Tantangan, Strategi Dan Peran Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta : Sanata Dharma University Press.
Purnomo,Almuzan. (2022). Kebijakan Penyelesaian Hak Dan Kewajiban Penerima Beasiswa Program Pola Pembibitan Officer Plus-90. Jurnal USM Law Review, 5(1), 49-59.
Randa, Sentosa. (2020). Analisis Kausalitas Antara Ketimpangan Pendidikan, Ketimpangan Pendapatan dan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, 2(1), 37-42.
Rohmah,dkk. (2017). Konstruksi Masyarakat Desa Gayam Tentang Kebijakan Dana Alokasi Khusus Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Paradigma (UNESA), 5(3), 1-6.
Roziqin,Yusuf. (2019). Implementasi Kebijakan Beasiswa Bidikmisi: Studi Kasus di Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi, 8(2), 110-121.
Solehudin, dkk. (2023). Konsep Dasar Pendidikan. Batam : Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Tasyak,Ulyatun. (2022). Implementasi Kebijakan Program Beasiswa Satu Rumah Satu Sarjana Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Ponggok Kabupaten Klaten. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 11(4), 73-85.
Wulandari, Surayaningsih. (2022). Peran Baznas Kabupaten Bojonegoro Dalam Menunjang Tingkat Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Bojonegoro. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial (EMBISS), 2(4), 417-427.
Yaniariza, dkk. (2022). Analisis Penyebab Rendahnya Relevansi Pendidikan dengan Tuntutan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9752- 9758
Yulinda, dkk. (2023). Pembangunan Pendidikan Berkelanjutan, Sudahkah Tercapai?. Pekalongan : PT Nasya Expanding Managemen
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 153
,
PDF Downloads: 177


