The The Role of the Intervention Community in Participating to Overcome the Problem of Fulfilling the Right to Education in Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p348-361Kata Kunci:
komunitas, partisipasi, masalah pemenuhan hak pendidikanAbstrak
Masalah pemenuhan hak pendidikan di Kota Surabaya merupakan isu sosial yang dihadapi akibat ketidaksesuaian
dalam sistem pendidikan yang ada. Meskipun pemerintah memiliki tanggung jawab dalam mengatasi masalah ini,
pelaksanaannya masih terbatas dan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran Komunitas
Turun Tangan Surabaya dalam membantu mengatasi masalah pemenuhan hak pendidikan di kota tersebut. Metode
yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan pengumpulan data primer
melalui wawancara dan data sekunder melalui dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan skema
AGIL dalam teori struktural fungsional Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Turun
Tangan Surabaya berperan signifikan dalam pemenuhan hak pendidikan dengan beberapa cara. Pertama, mereka
memberikan dukungan tenaga melalui kegiatan "tebar senyum" yang berfokus pada motivasi dan dukungan emosional
kepada siswa. Kedua, mereka menyediakan layanan pendidikan dengan menyelenggarakan perlombaan seperti
Olimpiade Sekolah Rakyat yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Ketiga, komunitas ini mendukung
literasi dengan mengadakan kegiatan seperti "book story" dan sumbangsih literasi untuk menyediakan bahan bacaan
dan meningkatkan minat baca. Keempat, mereka mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan komunitas untuk
meningkatkan keterlibatan dan dukungan masyarakat terhadap pendidikan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa
peran aktif komunitas dalam berbagai aspek memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemenuhan hak
pendidikan di Surabaya
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 37
,
PDF Downloads: 153


