HUBUNGAN GANGGUAN PSIKIS KORBAN SCHOOL BULLYING SECARA VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 TUBAN

Penulis

  • Nadia Nafifin Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p308-318

Kata Kunci:

Gangguan psikis, school bullying, verbal bullying, prestasi belajar, sekolah menengah atas

Abstrak

School bullying merupakan tindakan kekerasan menyimpang yang dilakukan di lingkup sekolah. Salah satu bentuk school bullying yang sering terjadi adalah bullying secara verbal, dimana peserta didik menjadi korban dari kata- kata kasar, penghinaan maupun ancaman yang dapat merugikan psikis korban. School bullying secara verbal tidak hanya merusak kesejahteraan psikologis peserta didik namun juga mengancam akademis mereka yang terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gangguan psikis korban school bullying secara verbal terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Tuban. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan model regresi linear sederhana, dengan sampel yang digunakan sebanyak 258 peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Tuban. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh antara gangguan psikis korban school bullying secara verbal terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Tuban, dengan hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan thitung > ttabel yaitu thitung > ttabel, yaitu 2,443 > 1,661771 dengan nilai signifikansi 0,016 < 0,05, maka hal ini Ha diterima. Dari hasil uji R Square memiliki nilai 0,062 yang artinya kedua variabel yaitu gangguan psikis korban school bullying secara verbal memiliki pengaruh terhadap hasil prestasi belajar peserta didik. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan variabel yang berbeda.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, Karimuddin., dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ardiansyah, Risnita, Syahran, 2023. Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian IlmiahPendidikan pada Pendekatan Kualitatid dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam. 1 (2): 1-9

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ar-Razak, Alif Abdi. 2023. Pengaruh School Bullying terhadap Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran PKn Peserta Didik di Kelas V SDN Pengasinan 01. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta

Aziz, Rahmat. dkk. 2022. Model Pengukuran Kesehatan Mental Pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP). 1(2). 83-94

Diener, ED. 1984. Psychological Bulletin 95(3): 542–75.

Ginanti, Aisha Ria dan Anggraini Prawasti. 2014. Celebrate Your Weirdness. Jakarta: Gramedia.

Konu, Anne, and Matti Rimpelä. 2002. Well-Being in Schools: A Conceptual Model. Health Promotion International 17(1): 79–87.

Mariskhana, Kartika. 2019. Prestasi Belajar Sebagai Dampak Dari Minat Baca Dan Bimbingan Belajar Siswa IPS. Cakrawala. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Cakrawal a. 19(1): 71–78.

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawalado i:https://doi.org/10.31294/jc.v19i1

Nur, Mochammaf Fajar. 2023. KPAI: Ada 64 Aduan Kekerasan Anak di Lembaga Pendidikan di 2023. Tirti.d. https://tirto.id/kpai-ada-64-aduan-kekerasan- anak-di-lembaga-pendidikan-di-2023-gFvE

Pemerintah Indonesia. 2023. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan. Jakarta

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Jakarta

Rizqi, Hanifatur. 2019. Dampak Psikologis Bulliying Pada Remaja. Wiraraja Medika 9(1): 31–34.

Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka

Smith, P. K., Sharp, S., Eslea, M., & Thompson, D. 2004. England: The Sheffield project. Bullying in Schools: How Successful Can Interventions Be. 99–124. https://doi.org/10.1017/CBO97805115 84466.007

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta. PT Grasindo.

Yulianti., et al. 2024. Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 10(1): 153.

Diterbitkan

2024-11-13

Cara Mengutip

Nafifin, N., & Raden Roro Nanik Setyowati. (2024). HUBUNGAN GANGGUAN PSIKIS KORBAN SCHOOL BULLYING SECARA VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 TUBAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(2), 308–318. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p308-318
Abstract views: 37 , PDF Downloads: 59