PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN TPACK DI KELAS VII C SMP NEGERI 12 KOTA MADIUN TAHUN AJARAN 2024/2025

Penulis

  • Salsabila Nur Salma Universitas PGRI Madiun
  • Nusi Nuswantari Universitas PGRI Madiun
  • Siti Nursabatun Wismarini SMPN 12 Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p442-452

Kata Kunci:

Berpikir kritis, Problem Base Learning (PBL), Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 2 (dua) siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-C yang berjumlah 38 peserta didik. Pengumpulan data melalui teknik tes dan observasi. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan pembelajaran TPACK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII-C SMP Negeri 12 Kota Madiun pada tahun pelajaran 2024/2025.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-01-03

Cara Mengutip

Salma, S. N., Nuswantari, N., & Wismarini, S. N. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN TPACK DI KELAS VII C SMP NEGERI 12 KOTA MADIUN TAHUN AJARAN 2024/2025. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(3), 442–452. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p442-452
Abstract views: 69 , PDF Downloads: 53