HUBUNGAN VARIASI AKSES KAMPANYE MEDIA SOSIAL TERHADAP BUDAYA POLITIK GENERASI Z PADA ISU PEMILU 2024
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n3.p466-475Kata Kunci:
Variasi Akses, Budaya politik, Generasi ZAbstrak
Variasi akses berarti jalan masuk terhadap aksesnya pada media sosial utamanya digunakan sebagai wadah kampanye politik oleh pasangan calon kandidat yang dapat memengaruhi budaya politik generasi Z meliputi kognitif, afektif dan evaluatif sehingga dapat mempengaruhi pilihan politik yang akan digunakan dalam Pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variasi akses kampanye media sosial terhadap budaya politik generasi Z pada isu pemilu 2024. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh generasi generasi Z yang ada di Kabupaten Sidoarjo dengan metode Quota Sampling yang mengambil sebanyak 6 responden dari masing-masing kecamatan yang ada di Sidoarjo sehingga diperoleh 108 sampel. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi spearman dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara variasi akses terhadap budaya politik generasi Z Sidoarjo dengan Nilai korelasi Spearman 0,542 dan data generasi Z yang tergolong cukup dengan presentase 33%. Sehingga dapat diambil kesimpulan semakin tinggi variasi akses maka semakin tinggi pula budaya politik yang dimilik, maka tipe budaya politik yang dimiliki oleh generazi Z Sidoarjo dalam perannya mekases isu kampanye politik media sosial juga termasuk dalam budaya politik campuran yakni budaya politik partisipan semi budaya politik kaula . Ditambah generasi Z cukup aktif dalam mengekspresikan preferensi mereka kepada para pasangan calon melalui akses kampanye politik media sosial, tetapi mereka tidak terlalu melibatkan berbagai macam isu tersebut dalam mencampuri keputusan politik yang akan digunakan dalam Pemilu.
Unduhan
Referensi
A. F. Skinner.1938. The Behavior Of Organisms: An Experimental Analysis. Cambrideg, Massachusetts: B.F. Skinner Foundation. ISBN 1-58390007-1, ISBN 0-87411-487 X.
Almond, G. A., & Verba, S. (1989). The civic culture: Political attitudes and democracy in five nations. California, Stanford University
Azwar, Saifuddin. (1992). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basil, Michael D., William J. Brown, and Mihai C. Bocarnea. 2018. Candidate image building during the 2016 U.S. presidential election: Visual and verbal strategies in Donald Trump’s Instagram posts. Visual Communication Quarterly 25: 88–103.
Budi, B. B., Arif, E. and Roem, E. R. (2019) ‘Pemanfaatan Media Sosial’, Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), p. 34. doi: 10.25077/rk.3.1.34-44.2019.
Budiarjo Miriam (2016).Dasar-dasar ilmu politik (edisi revisi) Jakarta.Penerbit : Gramedia pustaka utama
Budiardjo, Miriam (2012). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Grasindo.
Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Chan, C. K., Zhao, M. M. and Lee, P. S. N. (2023) ‘Determinants of escape from echo chambers: The predictive power of political orientation, social media use, and demographics’, Global Media and China, 8(2), pp. 155–173. doi: 10.1177/20594364221140820.
CNBC Indonesia, Salsabilla, Rindi (2024, 10 Januari) Fenomena Gen Z Nangisin Prabowo, Pengamat Bilang Gini. CNBC Indonesia, Dikases 28 Februari 2024 https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/ 20240110121658-33-504409/
Cohen L and Manion L. (1997) Reaserch Methods in Education, Fourth Edition. London : UK Routledge Press
Databoks Muhamad, Nabila. “Ini Media Sosial yang Dipakai Anak Muda untuk Akses Informasi Politik” Diakses pada 11 Desember 2023. Pukul 12.30 https://databoks.katadata.co.id/datapublish /2023/11 /14/ini-media-sosial-yang-dipakai-anak-muda-untuk-akses-informasi-politik
Dwinugraha (2020) ‘Analisis Pengaruh Direct Marketing Dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Kesadaran Merek Shoe Cleaning & Care Candu Bersih’, Dwinugraha, 5(3), p. 81.
Evita, N. (2024) ‘Generasi Z Dalam Pemilu : Pola Bermedia Generasi Z Dalam Pencarian Informasi Politik’, pp. 47–66.
Farokah, A., Amira, I. N. and Dewi, E. C. (2022) ‘Efektifitas Penggunaan Media Video Dan Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19’, Jurnal Klinik, 1(1), pp. 43–49.
Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP
Gentzkow, M. and Shapiro, J. M. (2011) ‘Ideological segregation online and offline’, Quarterly Journal of Economics, 126(4), pp. 1799–1839. doi: 10.1093/qje/qjr044.
Hassan, M. S. et al. (2021) ‘Social Media Use and Political Efficacy: Structural Effect of the Voting Decision of New Voters’, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(6). doi: 10.6007/ijarbss/v11-i6/10205.
Izzaty, R. and Nugraha, X. (2019) ‘Perwujudan Pemilu yang Luberjurdil melalui Validitas Daftar Pemilih Tetap’, Jurnal Suara Hukum, 1(2), p. 155. doi: 10.26740/jsh.v1n2.p155-171.
Kulachai, W., Lerdtomornsakul, U. and Homyamyen, P. (2023) ‘Factors Influencing Voting Decision: A Comprehensive Literature Review’, Social Sciences. doi: 10.3390/socsci12090469.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall.
liputan6.com. (2022, 26 September). Survei CSIS : Pemilu 2024 Diisi Hampir 60 Persen Generasi-Z dan Millenial. Diakses 18 Juni 2023. Pukul 23.30 dari https://www.liputan6.com/news/read/5080449/survei-csis-pemilu-2024-diisi-hampir-60-persen-generasi-z-dan-milenial
Mann, L. 1969 . Social Psychology. John Wiley and Son Australia PTY LTD, Sidney.
Mansyur, I. (2019) ‘Rasionalitas Budaya politik Masyarakat Nelayan Kabupaten Majene pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014’, … : Jurnal Magister Ilmu Politik …, 5(1), pp. 152–180. Available at: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3635/2/19_P4300216308%28FILEminimizer%29 ... ok 1-2.pdf.
Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Rogers, E. M., & Storey, J. D. (1987). Communication campaigns. In C. R. Berger & S. H. Chaffee (Eds.), Handbook of communication science (pp. 817–846). Sage Publications, Inc
Sjamsuddin, Nazaruddin. (1991). Profil Budaya Politik Indonesia, PT Pustaka Utama Grafiti, Jakarta
Stillman D, 2019, Generasi Z Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Suharsimi Arikunto. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto. Jakarta :: Rineka Cipta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif-Naturalistik dalam Pendidikan. Jakarta: Usaha Keluarga.
Suliyanto, 2011, Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.Yogyakarta
Skinner. (1938). dalam: Notoatmodjo S., (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bab V, Pendidikan dan Perilaku. Halaman 118
Tuty Mutiah, M. and Rahtika Diana (2023) ‘Peran Kampanye Media Sosial dalam Perilaku Pemilih Muda di DKI’, NIVEDANA : Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), pp. 297–304. doi: 10.53565/nivedana.v4i2.990.
Undang-Undang No. 23 Tahun 2018 Bab III tentang Kampanye Pemilihan Umum
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

