STRATEGI INOVATIF DALAM MENUMBUHKAN IDENTITAS NASIONAL MELALUI PENDIDIKAN STUDI KASUS DI SMP NEGERI 19 KERINCI
STUDI KASUS DI SMP NEGERI 19 KERINCI
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n4.p521%20-%20529Kata Kunci:
Nilai Nasionalisme, Strategi Pembelajaran, SiswaAbstrak
Penelitian ini mengkaji bagaimana nilai-nilai nasionalisme ditanamkan kepada siswa di SMP Negeri 19 Kerinci. Fokus penelitian mencakup strategi yang digunakan untuk menumbuhkan nilai-nilai tersebut, serta evaluasi dan kendala yang dihadapi selama penerapannya. Analisis juga dilakukan terhadap dampak kebijakan tersebut pada sikap dan perilaku siswa, serta partisipasi aktif mereka dalam kegiatan yang memperkuat nasionalisme di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kerangka induktif, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, yang kemudian diproses melalui kategorisasi, deduksi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai nasionalisme dilakukan melalui tiga strategi utama yakni integrasi nilai-nilai nasionalisme ke dalam tujuh mata pelajaran utama melalui silabus khusus, strategi habitus dan kegiatan terprogram, serta penggunaan teknologi dan seni pertunjukan sebagai media pembelajaran. Penelitian mengidentifikasi hambatan spesifik seperti perbedaan lingkungan keluarga dan keterbatasan teknologi, sehingga menawarkan solusi berbasis kebijakan pendidikan yang holistic. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara pendidik, pembuat kebijakan, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan identitas nasional di kalangan siswa
Unduhan
Referensi
Aeni, K., 2007. Pembiasaan Aplikasi Pendidikan Efektif di Sekolah. Semarang: FIP UNNES.
Agusta, A. S., 2020. Pendidikan sebagai Fresh of Social Cement dari Relasi Keagamaan. Journal of Islamic Education Policy, 5(1), pp. 59-70.
Andini, T., 2024. NKRI dan Generasi Muda: Menguatkan Nasionalisme dengan Gaya Masa Kini. Kumparan, 27 Mei, p. 1.
Derici, R. M. & Ermayanti , 2023. Penghayatan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sma Negeri 10 Palembang. Research And Development Journal Of Education, 9(1), pp. 396-403.
Diana, K. & Chotimah, N., 2024. Pengaruh Upacara Bendera Dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme Pada Peserta Didik Di SMAS ST. Petrus Kewapante. 2(3), pp. 168-174.
Dimyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, B., Syaiful & Aswan Zein, 2002. Strategi Mengajar dan Nilai-nilai Perjuangan Bangsa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Djojomartono, M., 1989. Jiwa Semanagt dan Nilai-nilai Perjuangan Bangsa Indonesia. Semarang: IKIP Press.
Hakim, A. & Darojat, J., 2023. Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), pp. 1337-1346.
Haryanti, A., 2021. Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Semiar Nasional : Generasi Pancasila, Volume 1, pp. 19-27.
Indonesia, D. J. P. P. K. P. R., 2010. Tataran Dasar Bela Negara. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.
Jovannie, C., 2023. Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Dan Mempertahankan Integrasi Nasional di Indonesia. Suara Mahasiswa. BINUS University, 26 Februari, p. 1.
Kemdiknas, P. B., 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: s.n.
Majid, A., 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardotillah, M. & Zein, D. M., 2017. Silat : Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri, Pemeliharaan Kesehatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 18(2), p. 121.
Mayerni, R., 2020. Mencari Bentuk Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Era Globalisasi. Berita Utama, 09 Maret, p. 1.
Miles & Huberman, 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J., 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Rosdakarya: Remaja.
Moleong, L. J., 2014. Meteologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslim, Warto & Djono, 2020. Historical Learning of National Movement Material in Secondary Schools To Foster The Values of Tolerance and Patriotism. ICLIQE, 5 September.pp. 1-7.
Putri, S. & Mukhlis, I., 2024. Exploration of the Development City Branding Spirit of Majapahit in Encouraging Creative Economic Growth of MSMEs in Mojokerto City. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 8(1), pp. 1-15.
Qoyum, A., Munir, M., Munawaroh, U. & Idries, F. A., 2024. Kemiskinan, Tingkat Pendidikan, dan Sikap Moderat Dalam Beragama: Studi Kasus Masyarakat Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. PANCASILA: Jurnal Keindonesiaan, 1 April, 4(1), pp. 1-12.
Q, T. L. et al., 2023. Analisis Implementasi Nasionalisme pada Peserta Didik di RA Aisyiyah Kutukulon. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(6), pp. 3-21.
Saksono, G., 2007. Pancasila Soekarno. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Saragih, R. & Batubara, A., 2024. Peran Guru Ppkn Dalam Menumbuhkan Nilai Nasionalisme Untuk Mengatasi Sikap Fanatisme Idol K-Pop Pada Siswa di SMP N 37 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), pp. 161-171.
Sudijono, A., 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metodelogi Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Suryana, F. I. F. & Dewi, D. A., 2021. Lunturnya Rasa Nasionalisme Pada Anak Milenial Akibat Arus Modernisasi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), pp. 598-602.
Sutopo, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Syarbaini & Syahrial, 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Triyanto & Fadhilah, N., 2018. Penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Civics Media Kajian Kewarganegaraan, pp. 161-169.
Wijayanto, R., 2017. Meneguhkan Kembali Jiwa Patriotik Generasi Muda melalui Semangat Bela Negara dalam Upaya Menjaga Keutuhan NKRI. Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, pp. 409-415.
Zuhairistain, 2012. Pendidikan sebagai sistem. [Online]
Available at: https://zuhairistain.blogspot.com/2009/01/pendidikan-sebagai-sistem.html
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

