IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA PADA TONGKRONGAN OLEH GENERASI Z DI KECAMATAN SIDOARJO

Penulis

  • Mikhael Ekklesia Krisnanda Universitas Negeri Surabaya
  • Warsono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n4.p510%20-%20520

Kata Kunci:

Pancasila, Generasi Z, Tongkrongan, Nilai-nilai, Kecamatan Sidoarjo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Pancasila dalam aktivitas tongkrongan Generasi Z di Kecamatan Sidoarjo. Generasi Z, yang dikenal sebagai generasi yang melek teknologi, memiliki karakteristik unik dalam perilaku sosial, terutama dalam aktivitas nongkrong. Fenomena nongkrong, yang awalnya merupakan kegiatan santai, kini berkembang menjadi ruang sosial yang memengaruhi perilaku dan perspektif generasi muda. Nilai-nilai Pancasila, sebagai pandangan hidup bangsa, perlu diintegrasikan dalam aktivitas sehari-hari termasuk saat nongkrong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara kepada Generasi Z di beberapa tempat tongkrongan di Kecamatan Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila oleh Generasi Z masih bervariasi. Terdapat kesenjangan antara pengetahuan teoretis tentang Pancasila dengan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, beberapa nilai seperti kebersamaan, toleransi, dan gotong-royong masih tercermin dalam aktivitas mereka. Penelitian ini juga menemukan bahwa media sosial memainkan peran penting dalam membentuk persepsi dan perilaku Generasi Z terkait Pancasila. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila di kalangan Generasi Z melalui pendekatan yang sesuai dengan karakteristik mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol 9 No. 2 , 291-304.

Badan Pusat Statistik. (2020). Piramida Penduduk Indonesia 2020. Diambil kembali dari Sensus BPS: https://sensus.bps.go.id/main/index/sp2020

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. (2022). Kecamatan Sidoarjo Dalam Rangka 2022. Sidoarjo: CV. Sinar Jaya.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. (2023). Laporan Tahunan UMKM Kecamatan Sidoarjo. Sidoarjo: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo.

Faisal, M. (2017). Memahami Milenial Pengubah Indonesia. Jakarta: Republika.

Mubaroq, H., & Aisyah, R. (2021). Pengaruh Intensitas Kebiasaan Nongkrong Terhadap Pembentukan Perilaku Social Climber (Studi Pada Mahasiswa Universitas Panca Marga Probolinggo). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM),2 (2), 264-275.

Muhammad Rizal Pahleviannur, S., Anita De Grave, S. M., Dani Nur Saputra, S. M., Dedi Mardianto, S. M., Debby Sinthania, S. M., Lis Hafrida, S. M., et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Nafik, S. S. (2017)., Pemaknaan Aktivitas Nongkrong Di Kafe Sebagai Gaya Hidup Modern (Studi Fenomenologi Terhadap Pengunjung Kafe Di Kota Probolinggo). SKRIPSI.

Prahesti, V. D. (2021). Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Peserta Didik Mi/Sd. An-Nur: Jurnal Studi Islam 13 (2), 137-152.

Pramita, D. A., & V. Indah Sri Pinasti, M. (2016). Nongkrong di Warung Kopi Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa di Mato Kopi Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi 5(6), 1-12.

Prof. Dr. H. Kaelan, M. (2018). Negara Kebangsaan Pancasila (1 ed.). Yogyakarta: Paradigma.

Purnama, I., R. A., Karlinda, D., Wilman, M., Wijaya, R., Rozak, A., et al. (2023). URGENSI WAWASAN KEBANGSAAN PADA GENERASI Z DI TENGAH DERASNYA ARUS GLOBALISASI. Civilia : Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan 2(2), 127-137.

Putri, Z. F. (2020). Konsumerisme Anak Muda dalam Budaya Nongkrong (Studi Kasus Preferensi Cafe di Jakarta Selatan)). Skripsi,Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ramadhan, S. V. (2021). Nongkrong Cantik Dalam Media Sosial Instagram (Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Nongkrong Cantik Yang Dipertontonkan Dalam Media Sosial Instagram). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 9(2), 473-485.

Setiawan, I., Cempaka, F. G., & Cempaka, F. G. (2023). Pancasila Sebagai Landasan Gen Z dalam Mempertahankan Nilai Persatuan Pada Era Globalisasi. JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan ,9 (1), 54-65..

Sumarandak, M. E., Tungka, A. E., & Egam, P. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado. Jurnal Spasial, (8) 2, 257-258.

Wahyuni, D., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Generasi “Z” di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusa, 10(2), 263-273.

Yuliati, R. (2021). Budaya Nongkrong Sebagai Gaya Hiduppara Perempuan Penikmat Kopi Di Sidoarjo (Studi Kasus Pada Coffee shop Sehari Sekopi di Kawasan Sekitar Transmart Sidoarjo). SKRIPSI, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Zisa, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial ,5(1), 69–87.

Diterbitkan

2025-05-24

Cara Mengutip

Krisnanda, M. E., & Warsono. (2025). IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA PADA TONGKRONGAN OLEH GENERASI Z DI KECAMATAN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(4), 510–520. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n4.p510 - 520
Abstract views: 101 , PDF Downloads: 31