The DAMPAK MENONTON FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG PADA ANAK SMPN 1 KUTOREJO KECAMATAN KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n4.p530%20-%20538Kata Kunci:
dampak menonton, karakter gotong royongAbstrak
Kecanggihan teknologi dan informasi saat ini dengan kemudahan aksesnya menjadikan filteralisasi pesan dan informasi kepada siswa sangat penting. Di zaman yang sudah modern seperti sekarang televisi bukan lagi barang yang mewah bagi masyarakat Indonesia. Tayangan kartun merupakan salah satu dari sekian banyak program acara yang disuguhkan di layar kaca ataupun media massa lainnya. Untuk saat ini nilai karakter gotong royong di SMPN 1 Kutorejo terbilang masih rendah. Untuk itu dari banyaknya film animasi film Upin dan Ipin menjadi salah satu tayangan yang bisa diambil maknanya dan dijadikan perantara untuk membentuk karakter siswa SMPN 1 Kutorejo. Film animasi Upin dan Ipin memiliki banyak sekali pesan moral dan nilai-nilai karakter. Nilai yang paling banyak muncul adalah karakter gotong royong. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui respon peserta didik terhadap film tersebut, serta (2) dampak dari menonton Film Animasi Upin dan Ipin terhadap karakter gotong royong pada anak SMPN 1 Kutorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara mendalam. Sumber penelitian yaitu peserta didik kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII memberikan respon yang baik dan dampak menonton Film Animasi Upin dan Ipin telah berjalan dengan baik ditinjau dari keempat tahap teori belajar sosial Albert Bandura. Dampak positif yakni peningkatan kesadaran sosial, rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, perilaku prososial, dan penguatan nilai-nilak keluarga.
Unduhan
Referensi
Adam, Emmawati (2021) Pengaruh Menonton Film Kartun Yang Mengandung Unsur Kekerasan terhadap Pembentukan Karakter Anak pada Murid Kelas V SD Negeri Tombolo K, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.
Aisyah, D. S., Riana, N., & Putri, F. E. (2021). Peran Ayah (fathering) dalam Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (studi kasus pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurhalim tahun pelajaran 2018). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 5(02).
Alycia, A. Pengaruh Media Film Animasi Upin & Ipin terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Kelas V MI Miftahul Falah (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Bandura, A. Teori belajar sosial dan bandura secara singkat. Abstrak: Albert Bandura: teori kepribadian sosial-kognitif. Gambaran Umum Teori Pembelajaran Sosial Bandura.
Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 5-13.
Fajariani, R. (2018). Etnis Tionghoa dan Diskriminasi (Studi Komparatif Diskriminasi Terhadap Etnis Tionghoa Pada Rezim Orde Baru Dan Pasca Orde Baru di Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Hadi, I. A. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal. Jurnal Inspirasi, 3(1).
Hadi, I. A. (2019). Pentingnya pendidikan karakter dalam lembaga formal. Jurnal Inspirasi, 3(1).
Himam, A. L. (2022). Peranan Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadiin dalam Meningkatkan Kompetensi Musyawarah di Pondok Pesantren Lirboyo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Tribakti).
Huda, A. M. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Guling Depan Peserta Didik Kelas XI TM B SMK Pangudi Luhur Muntilan Tahun Ajaran 2023/2024.
Ilham, W., Arifin, A. A., Ummah, D. M., & Alhadad, B. (2021). Analisis Tayangan Serial Animasi Upin dan
Ipin dalam Perkembangan Pola Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(2), 35-49.
Ilham, W., Arifin, A. A., Ummah, D. M., & Alhadad, B. (2021). Analisis Tayangan Serial Animasi Upin dan Ipin dalam Perkembangan Pola Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(2), 35-49.
Isnaini, N. (2021). Pengaruh Menonton Tayangan Film Religi terhadap Akhlak Siswa Sekolah Menengah Pertama Latersia Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sandi, S. (2021). Pemanfaatan Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Anak Berbasis Flashmx. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 12(2), 144-151.
Siregar, D. N. S. (2023). Pengaruh Menonton Tayangan Film Religi terhadap Motivasi Beribadah Siswa di Kelas VII SMP Negeri 10Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Siroj, M. B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90-96.
Sukaryadi, B. S. (2020). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Perceived Behavioral Control, Motivasi Relawan dan Syukur Terhadap Intensi Menjadi Relawan Sosial (Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ula, U. S. (2019). Pengaruh Media Film Animasi terhadap Perkembangan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

